Gubernur Terima LHP Semester I dari BPKP

Pangkalpinang - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. H. Erzaldi Rosman menerima Penyampaian Laporan Hasil Pengawasan (LHP) Semester I Tahun 2017, dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan  (BPKP) Babel.

LHP tersebut, diserah secara langsung oleh Raden Suhartono, selaku Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Babel, di ruang Kerja Gubernur, Kamis (3/8/2017) petang.

Kepala BPKP Perwakilan Babel, Raden Suhartono dalam kesempatan itu, menjelaskan kewajiban instansi vertikal di daerah sesuai dengan amanat PP No 23 Tahun 2011, wajib membuat laporan atas tugas dan fungsi BPKP.

“Dalam Laporan ini, ada 4 fokus pengawasan, yaitu pengawasan akuntanbilitas pembangunan nasional, pengawasan atas peningkatan ruang fiskal, pengawasan pengamanan aset negara dan daerah, serta pengawasan peningkatan kapasitas system,” terang Raden.

Dari 4 fokus pengawasan tersebut, lanjut dia, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian daerah, dan sudah diberikan rekomendasi yang relevan sebagai salah satu bagian pengambilan keputusan Gubernur dalam pembangunan di daerah.

“Hasil dari laporan yang disampaikan, Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Pemprov Babel, Kabupaten Bangka, dan Kabupaten Bangka Tengah, sudah pada level 3, sehingga masih ada PR 4 Pemda lagi yang harus dikejar. Untuk Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) baik provinsi maupun Kabupaten, berada pada level 2. Diharapkan sesuai dengan RPJMN pada tahun 2019 nanti, seluruh Pemda 85% harus sudah pada level 3,” ungkap Raden.

Selain itu, ditambahkannya, dilaporkan juga beberapa sektor yang selama ini, dilakukan pengawasan.

Atas Laporan BPKP itu, Gubernur Erzaldi Rosman langsung memerintahkan Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Pemprov Babel,  Fery Afriyanto, ST, Inspektur Pemprov Babel, Drs. Yulizar, M.Si, serta Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Babel, K.A. Tajuddin, S.H yang hadir pada kesempatan tersebut, untuk merangkum dengan segera, dan menindaklanjuti langkah apa saja yang harus dilakukan oleh Pemprov Babel sesuai dengan yang telah direkomendasikan oleh BPKP Bangka Belitung.

“Kita inginnya cepat, mumpung masih semangat-semangatnya, sehingga semangat untuk bergerak itu cepat, dengan begitu nantinya kita akan terbiasa untuk bergerak cepat,” ujar Raden.(Lulus).

                      

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas