H. Erzaldi – Fatah Resmi Jabat Gubernur dan Wakil Gubernur Babel

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik H.Erzaldi Rosman, SE., MM - Drs. H. Abdul Fatah, M.Si sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung(Babel) Periode 2017-2022. Pelantikan digelar di Istana Negara,  Jakarta sekitar pukul 16.00 Wib.

Selain melantik Erzaldi Rosman-Abdul Fatah, dalam waktu bersamaan Presiden Jokowi juga melantik empat Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya.

Sebelum melakukan pelantikan, Presiden terlebih dahulu membacakan petikan Keputusan Presiden kepada masing-masing Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Istana Merdeka. Usai menyerahkan petikan, Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan prosesi kirab kebudayaan yang juga diikuti oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Kirab yaitu berjalan kaki dari Istana Merdeka menuju Istana Negara dengan diiringi drum band.

Setelah melalui dua agenda tersebut, pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Dalam pengambilan sumpah, Presiden Jokowi menuntun para kepala daerah yang dilantik untuk mengikuti sumpah jabatan.

"Demi Allah saya bersumpah/demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Gubernur, sebagai Wakil Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurusnya-selurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,"  kata Presiden, diikuti Gubernur dan Wakil Gubernur Babel beserta Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik lainnya.

Setelah diambil sumpah jabatan, Gubernur dan Wakil Gubernur Babel diikuti Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya menandatangani berita acara pelantikan di depan Kepala Negara.

 

Senin Sudah Mulai Bekerja

Usai dilantik,  Gubernur Babel Erzaldi Rosman mengatakan, mulai hari Senin (15/5/2017), Ia bersama Wakil Gubernur Abdul Fatah sudah mulai bekerja sembari mempersiapkan acara serah terima. Dalam serah terima nanti akan mengundang masyarakat, agar masyarakat bisa menyaksikan.

Gubernur  menyebutkan, saat bertatap muka dengan Presiden Jokowi, Ia menyampaikan agar Presiden memberikan bimbingan kepada dirinya, dan juga provinsi Bangka Belitung supaya dapat diperhatikan secara lebih.

Sebagai langkah awal kepemimpinannya, Gubernur Erzaldi berencana mengundang Presiden Jokowi untuk rapat terbatas, agar dapat menyampaikan program-program Provinsi Babel. “Segenap aparat birokrasi kita baik di level provinsi maupun di kabupaten/kota harus segera berkoordinasi, mensinkronkan program-program untuk dapat kita bawa dengan rapat terbatas bersama Pak Presiden,” ujar Erzaldi.

Disamping itu, Gubernur Erzaldi juga mengharapkan kepercayaan pemerintah pusat kepada pemerintah Provinsi Babel bisa  lebih ditingkatkan.

Disampaikan juga, Ia tidak terlalu bergantung kepada APBN untuk membangunan Babel, karena masih ada sumber-sumber dana yang lain seperti melibatkan investor.  “Ini merupakan strategi agar pemerintah pusat dapat memperhatikan Bangka Belitung,” ujarnya.

Untuk itu, Ia mengajak masyarakat Babel untuk secara bersama-sama membangunan Babel. Hilangkan perbedaan untuk untuk memajukan Babel kedepan.

Dikesempatan sama, Wakil Gubernur Abdul Fatah mengatakan, Ia bersama Gubernur Erzaldi siap mengemban amanah yang diberikan masyarakat. Langkah pertama yang akan dilakukan, katanya, adalah melaksanakan urusan wajib otonomi daerah sesuai dengan Undang Undang yang berlaku.

Ia juga akan konsen terhadap pelayanan publik, terlebih layanan kesehatan yang salah satunya adalah mengoptimalkan RSUP Soekarno di Air Anyer.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Babel bersama empat Gubernur dan Wakil Gubernur lainnya, dihadiri Ibu Negara Iriana, istri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mufidah Kalla, sejumlah Kepala Lembaga Negara, sejumlah Menteri Kabinet Kerja, turut pula hadir Presiden kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri, Presiden ketiga BJ Habibie, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Turut hadir dalam pelantikan itu, Hj. Melati Erzaldi, Plh. Gubernur Babel yang saat ini menjabat Sekda Babel, Ketua DPRD Babel, Pejabat dari unsur Forkopimda Babel, Ketua KPU Babel, Ketua Bawaslu Babel, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, dan Kepala Biro Umum Setda Babel, dan Gubernur dan Wakil Gubernur Babel.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas