Hadiri Deklarasi GEMPAR, Wagub Ajak Masyarakat Lakukan Pengawasan Penyelenggaraan Pileg dan Pilpres

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul  Fatah turut menghadiri Deklarasi Gerakan Masyarakat Pengawasan Partisipatif (GEMPAR) di Alun-Alun Taman Merdeka Pangkalpinang, Sabtu  (3/11/2018) malam.

Kegiatan ini, dilaksanakan Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kepulauan Bangka Belitung  dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengawasan pelaksanaan Pemilu 2019.

Selain Wagub, acara tersebut juga dihadiri Ketua Bawaslu RI, Bawaslu Babel, perwakilan Forkopimda Babel, Bawaslu Kabupaten/kota,  Ketua KPU Babel, Mahasiswa Ormas/LSM dan para komunitas yang tergabung dalam GEMPAR.

Wagub Abdul Fatah dalam sambutannya mengatakan, Gerakan Masyarakat Pengawas Partisipatif  merupakan hal  yang sangat strategis bagi masyarakat, karena masyarakatlah yang terlibat dalam pesta demokrasi nantinya, dan juga tetap melakukan pengawasan.

Melalui pengawasan yang diikuti seluruh masyarakat, ditambahkan Wagub,  andil masyarakat dalam pengawasannya akan  memberikan dampak pada penyelenggaraan pemilu secara damai, transparan, demokrasi. 

Untuk itu, Wagub Abdul Fatah mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu pileg dan pilpres, sehingga dapat berjalan dengan lancar, aman dan damai.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan  mengatakan, deklarasi GEMPAR ini merupakan perwujudan dari semangat masyarakat yang ada di Babel dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

"Semangat GEMPAR harus tetap di jaga dengan baik, sehingga peran dan tanggung jawab masyarakat  dalam mensukseskan pemilu dapat berjalan dengan baik dan sukses," kata Abhan.

Abhan juga mengajak masyarakat untuk menjaga kondisi yang kondusif dalam penyelenggaraan Pemilu, seperti menghindari ujaran kebencian ataupun hoaks (berita bohong). (sentosa)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas