Hari Kedua, TP PKK Babel Fokuskan Kunjungan ke Kampung Markisa

TENGERANG - Hari kedua Kunjungan Kerja Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di Provinsi Banten, Rabu (13/11/2019), difokuskan ke Kampung Markisa, Kelurahan Pasar Baru, Kota Tangerang.

Kali ini, Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi memimpin Rombongan yang ingin menimba ilmu tentang Halaman Asri, Teratur, Indah dan Nyaman (Hatinya) PKK Kota Tangerang yang berhasil meraih penghargaan di tingkat Nasional Pada HKG PKK beberapa waktu lalu.

Kehadiran Rombongan telah ditunggu oleh Ketua TP PKK Kota Tangerang, Aini Suci Arif R. Wismansyah, Camat Karawaci Tihar beserta Ketua TP PKK Kecamatan Karawaci, seluruh Lurah di Kecamatan Karawaci, Ketua RW dan jajaran PKK serta masyarakat setempat.

Ketua TP PKK Babel, Melati dalam sambutannya menyampaikan, TP PKK Babel ingin belajar dari Kota Tangerang yang telah mempunyai prestasi mengenai kampungnya. “Di sini, kami banyak belajar tentang bagaimana yang tadinya kampung kumuh, banyak sampah hingga menggunung menjadi salah satu kampung yang cantik, berdaya masyarakatnya, juga tanamannya bermanfaat bagi kesehatan masyarakatnya,” ungkap Melati.

Dijelaskannya, TP PKK Provinsi Babel, setiap tahunnya melakukan perluasan wawasan, dan tahun ini, yang dipilih adalah Provinsi Banten, karena telah mendapat penghargaan sebagai Hatinya PKK tingkat Nasional.

Pengalaman ini, akan dirinya adopsi dan implementasikan di Babel, utamanya disinergikan dengan Program Pemprov Babel yang mendukung Program BKKBN, yaitu Kampung KB di setiap desa di Provinsi Babel. Dimana, kata dia, Pemprov menamai Kampung KB dengan Kampung KB Cikar (Cerdas, Inovatif, Kreatif, Aman, Responsif) sebagai solusi integrasi untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Di sini, kami belajar bagaimana cara Kota Tangerang mengubah kampung yang tadinya kumuh dan mempunyai sampah menumpuk hingga 2 meter menjadi kampung yang indah, dan masyarakatnya sadar akan perilaku hidup sehat dan asri," kata Melati.

Sementara Ketua TP PKK Kota Tangerang Aini Suci Arif R. Wismansyah dalam sambutannya mengatakan, dengan kunjungan ini sebagai tempat sharing, dengan daerah yang mempunyai hal positif berbeda beda untuk sama - sama bertukar pengalaman.

"Di sini kita saling berbagi ilmu bagaimana sih caranya merubah daerah ini, menjadi lebih sehat lebih indah. Yang susah itu bukan bagaimana sih cara membersihkan atau menanam, tetapi lebih dari itu, bagaimana menggugah kesadaran masyarakat untuk berpola hidup bersih dan sehat.

Oleh sebab itu, pihaknya mengucapkan selamat datang kepada Ketua TP PKK Babel dan rombongan yang telah berkenan hadir di wilayahnya. Dirinya pun memuji Bangka Belitung yang terkenal dengan keindahan dan destinasi wisatanya.

Dirinya berharap dapat membalas kunjungan ini, bersama TP PKK Kota Tangerang untuk berkunjung ke Babel di masa mendatang.

Di tempat ini, Ketua TP PKK Babel, Melati bersama Tim juga berkesempatan mengelilingi Kampung Markisa yang terlihat asri di seluruh kawasan kampung serta melihat UKM dari hasil produksi warga setempat.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas