HKSN 2019 Diharap jadi Media Gerakkan Nilai Kesetiakawanan Sosial

BELITUNG – Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun 2019, diharapkan dapat menjadi media untuk dapat menggerakkan kembali nilai - nilai kesetiaan kawanan sosial yang ada di masyarakat.

Hal itu, disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah, saat menghadiri Peringatan HKSN tingkat Provinsi Bangka Belitung, yang diselenggarakan di Desa Membalong, Kabupaten Belitung, Selasa (15/10/2019).

Dijelaskan lebih lanjut oleh Wagub, Peringatan HKSN merupakan  wujud rasa syukur dalam menghadapi ancaman dan tantangan saat ini.

Selain itu, masih kata dia, HKSN juga sebagai upaya menghayati dan meneladani semangat persatuan, kesatuan, kegotongroyongan dan kekeluargaan rakyat Indonesia secara bahu membahu mengatasi permasalahan dalam rangka mempertahankan kedaulatan bangsa Indonesia.

“Saat ini, Bangsa Indonesia masih berhadapan dengan berbagai masalah kesejahteraan sosial yang meliputi kemiskinan, ketelantaran, ketunaan, keterpencilan dan kebencanaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Aziz Harahad Kepala Dinsos Provinsi Bangka Belitung dalam sambutannya yang disampaikan Rusli selaku Kabid Fakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Bangka Belitung mengatakan, rangkaian kegiatan HKSN tahun ini, antara lain pemberian sembako bagi 60 orang miskin yang terdiri dari 6 orang dari desa Bantan, 5 orang desa Simpang Rusa.

Selanjutnya, dirinci Rusli, 7 orang desa Perpat, 6 orang desa Kembiri, 5 orang desa Mentinggi, 3 orang desa Tanjung Rusa, 7 orang desa Membalong,  6 orang desa Gunung Rinting, 3 orang desa pulau Siliu, 6 orang desa Lassar dan 6 orang desa Padang Kandis.

Ditambah pemberian sembako 25 paket dari Dinas sosial Kabupaten Belitung kepada penyandang disabilitas.

Tidak hanya itu, dalam Peringatan HKSN yang mengusung tema "Kesetiaankawanan sosial menembus batas" dengan tujuan untuk mewujudkan kembali semangat kebersamaan, simpati, empati serta mendorong orang untuk berbuat yang terbaik bagi orang lain, seperti ia berbuat baik untuk dirinya sendiri, membangun integrasi sosial, menyatukan ikatan, tidak ada lagi sekat perbedaan yang menjadi masalah dan beban antar umat tersebut, juga dilakukan aksi donor darah sukarela kerjasama dengan PMI Kabupaten Belitung.

Peringatan HKSN Tingkat Provinsi tahun 2019, turut dihadiri Anggota DPRD Belitung, Pejabat Pemkab Belitung, Jajaran Polres Belitung, Dandim 0414 Belitung, Danlanud Hananjoeddin, Kejari, Camat dan Kepala Desa se Kecamatan membalong. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Wahyono/Ahmad
Fotografer: 
Wahyono
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas