IWAPI Diharapkan Ambil Peran dalam Era Industri 4.0

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), sebagai organisasi para pengusaha perempuan Indonesia diharapkan dapat mengambil peran dalam era industri 4.0. 

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung, Abul Fatah di sela-sela sambutanya pada acara Peringatan Hari Ulang Tahun IWAPI yang Ke-45, Kamis (12/3/2020) di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel, Air Itam Pangkalpinang. 

Dengan seperti itu, lanjut Wagub,  IWAPI dapat membuat marketplace sendiri untuk mewujudkan jangkauan layanan ekonomi yang makin mudah, makin murah dan makin cepat. 

Sementara itu, untuk mengonlinekan produk seluruh anggotanya, ditambahkan Wagub, IWAPI dapat bekerja sama dengan google dan facebook untuk melatih seluruh anggotanya sampai tingkat kecamatan dan perdesaan, pelatihan pengembangan jaringan dan literasi keuangan sampai  kepada bimbingan agar berorientasi ekspor.

Menurut Wagub, bergabung dengan IWAPI, pengusaha perempuan punya jaringan, naik kelas dan akan punya legalitas untuk modal usahanya. Oleh sebab itu, dirinya meminta lembaga perbankan, memberikan kemudahan kepada pengusaha perempuan untuk dapat mengakses kredit, terutama kredit usaha rakyat (KUR) yang telah dicanangkan oleh Gubernur, agar pada tahun ini jumlah usaha mikro, kecil dan menengah Babel yang mengakses kur dapat meningkat. 

“IWAPI muda banyak tumbuh dengan kehadiran start up. Berbisnis dari rumah, membuka usaha mikro meski dari satu produk saja, lambat laun tumbuh besar dengan pangsa pasar yang luas,” imbuhnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas