Jenderal (Purn) Gatot Berikan Ceramah Kebangsaan kepada Ribuan Anggota Pramuka

PANGKALPINANG - Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo berikan Ceramah Kebangsaan kepada Ribuan Anggota Pramuka dari SMA/SMK sederajat dan Perguruan Tinggi se-Pulau Bangka, di GOR Sahabbuddin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Kegiatan pada Sabtu (12/10/2019) tersebut, dilaksanakan dalam rangka Peringatan Hari Pramuka Tingkat Provinsi Babel ke - 58.

Dalam ceramahnya, Gatot menyampaikan pentingnya generasi muda khususnya Babel untuk menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dirinya berpesan agar generasi muda sekarang atau yang sering disebut generasi milenial mampu menghadapi segala tantangan yang ada. Tantangan berupa Hoax atau berita bohong yang dapat memecah keutuhan bangsa saat ini, banyak bermunculan seiring perkembangan Teknologi Informasi, hendaknya dapat ditangkal dengan cara mempertebal iman dan taqwa serta berpegang teguh pada nilai dasar negara Pancasila.

Untuk itu dirinya meminta kepada generasi muda Babel untuk menjadi yang terbaik, menjadi pemimpin masa depan dan pemuda terbaik di negeri ini. Dengan Pantang menyerah, Indonesia akan menjadi negeri yang mampu bersaing dengan negara negara lain.

Sebelumnya, dalam sambutannya Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Babel, Melati Erzaldi menyampaiakan selamat datang kepada Jenderal TNI Purn. Gatot Nurmantyo yang berkenan hadir memberikan ceramah.

Dijelaskannya, Pramuka sebagai gerakan yang masif, membentuk karakter Generasi Muda. Dengan Gerakan Pramuka, dirinya yakin pemuda Indonesia, terutama Babel akan memjadi pemuda yang berkarakter mampu memberikan yang terbaik bagi negeri ini.

Dengan ceramah itu diharapkan para Pemuda Pemudi Babel yang merupakan anggota gerakan pramuka akan meningkatkan wawasan kebangsaan, sehingga akan semakin meningkat pemahamannya mengenai Pancasila dan menjaga NKRI.

Dalam Kegiatan ini juga ditampilkan Penyanyi Kondang Edo Kondologit yang melantunkan lagu tentang perjuangan dan semangat para pemuda.

 

Gubernur Inspektur Apel Besar Hari Pramuka

Sebelum Kegiatan Ceramah dalam Peringatan 58 tahun Hari Pramuka tingkat Provinsi Babel, juga dilaksanakan Apel Besar Peringatan Hari Pramuka.

Gubernur Babel Erzaldi Rosman selaku Kamabida Kwarda Babel bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Apel  di halaman GOR Sahabuddin, sekaligus menyampaikan sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso.

Diungkapkan Gubernur, Peringatan Hari Pramuka merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT. Untuk itu, anggota pramuka  bersama segenap komponen bangsa siap sedia membangun keutuhan NKRI, sesuai dengan tema Hari Pramuka ke-58 Tahun 2019 yaitu ” Melalui Gerakan Pramuka Mari Kita Semua Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Untuk Membangun Keutuhan NKRI”.

Di zaman revolusi industri 4.0 ini, lanjut Gubernur, banyak produk dari luar dengan mudah masuk ke Indonesia. Maka dihimbau kepada masyarakat khusunya anggota  Pramuka untuk selalu menggunakan produk lokal dalam negeri Indonesia.

“Tantangan bagi para pembina pramuka harus selalu kreatif dan berinovasi dalam membina peserta didik, sehingga bangga menjadi pramuka. Begitu pula para pelatih harus belajar terus menerus untuk dapat mengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar metode kepramukaan,” kutip Erzaldi.

Erzaldi juga mengingatkan pentingya pembatasan penggunaan Plastik sebagai bentuk menjaga kelestarian lingkungan.

Usai Apel, Gubernur memberikan penghargaan kepada sejumlah orang atas pengabdiannya dalam Gerakan Pramuka.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Perwakilan Kwarnas, Forkopimda Provinsi Babel, Jajaran Kwarda Babel dan Kwartir Daerah Kabupaten Kota Se-Babel dan ribuan Pelajar yang juga merupakan Anggota Pramuka Se- Bangka.( Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas