Karo HP: Pembawa Acara Harus Memiliki Jiwa Pemimpin

Pangkalpinang - Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Lomba Pembawa Acara (Pewara) bagi pegawai di Lingkungan Instansi Pemerintah se Babel.

Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol (HP) Setda Babel H. K. A Cholil, S.Pd.I.,M.Si, mewakili Gubernur Babel, didampingi Kepala Kantor Bahasa Babel Drs. Hidayatul Astar, M.Hum, beserta para Juri membuka secara langsung kegiatan yang diikuti sebanyak 27 peserta dari berbagai instansi di Hotel Puncak, Selasa (18/4/2017) itu.

Dalam Sambutannya H. K. A Cholil, S.Pd.I.,M.Si menyampaikan pentingnya peran Pewara terhadap keberlangsungan sebuah acara atau kegiatan. “Lancar tidaknya suatu acara, berhasil tidaknya suatu acara, dan puas tidaknya peserta suatu acara sangat tergantung pada Pembawa Acara,” ungkap Karo HP.

Oleh karena itu, lanjut dia, seseorang yang ditugaskan menjadi pembawa acara hendaknya orang yang memiliki ketrampilan berbicara di depan umum dan tidak memiliki hambatan yang mengganggu kelancaran berbicara di depan umum.

“Idealnya seorang pembawa acara harus memiliki syarat-syarat percaya diri, memiliki jiwa pemimpin, berkepribadian yang baik, tidak sombong, berbicara dan berkomunikasi dengan baik, mempunyai intelegensia yang tinggi, mempunyai pengetahuan luas, performance menarik (atraktif, simpatik, santun sesuai acara), cekatan, terampil dan teliti, kesabaran dan emosi terkontrol , sense of humor,

serta mempunyai spontanitas tinggi, dan naluri antisipasi yang baik, untuk mengatasi segala keadaan yang sewaktu-waktu terjadi,” terang Karo HP.

Apresiasi juga diberikan kepada kantor bahasa Babel, yang telah mengadakan kegiatan lomba pewara ini.  Cholil berharap, hal ini bisa memberikan dampak positif bagi aparatur sipil negara (ASN) pada khususnya, dalam membawakan satu materi acara, sehingga acara bisa berjalan dengan baik.

Kegiatan ini juga menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan peran dan fungsi bahasa Indonesia, dan meningkatkan wawasan keterampilan serta pengetahuan khususnya dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sebagai karakter Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ajang ini juga sebagai wadah untuk menyalurkan bakat, karena peserta yang meraih juara ini nanti akan berlomba di tingkat  yang lebih tinggi yaitu mewakili Babel dalam pekan bahasa yang akan berlangsung di Provinsi Lampung, sehingga akan mengharumkan dan membawa nama baik Babel.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Babel Drs. Hidayatul Astar, M.Hum menjelaskan, Lomba Pewara di Lingkungan Instansi Pemerintah Babel Tahun 2017 ini, merupakan kegiatan yang ke empat kalinya diadakan.

Ia berharap para peserta yang merupakan Pewara-pewara terbaik di lembaganya masing-masing ini, dapat menampilkan performa terbaiknya, khususnya dalam membawakan acara resmi di lingkungan pemerintahan.

Dengan tampilnya para peserta ini, nanti dapat menjadi bahan indikator Kantor Bahasa Babel untuk mengetahui penggunaan Bahasa khususnya di Lingkungan Pemerintah.

Kantor Bahasa, sambung Hidayatul, memiliki tugas dan fungsi untuk melihat, mendidik dan membina penggunaan bahasa di Babel. Sehingga hal ini dapat menjadi evaluasi kedepannya, untuk membuat program pembinaan baik melalui pelatihan atau sejenisnya berkaitan dengan penggunaan Bahasa di Babel. (Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas