Ketua Dekranasda Babel Kunjungi Sejumlah Perajin di Belitung dan Belitung Timur

BELITUNG - Mengawali kegiatan di Tahun 2019, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekrnasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, melakukan kunjungan kerja ke sejumlah perajin yang ada di Kabupaten Belitung dan Belitung Timur.

Kunjungan ini, merupakan salah satu agenda Dekranasda Babel dalam rangka mendata sekaligus memetakan perkembangan sektor kerajinan yang ada di Pulau Belitung.

Lokasi yang menjadi kunjungan Ketua Dekranasda pada Kamis (17/1/2019), antara lain di Perajin Tenun di Desa Limbungan, Batik Mangrove di Manggar, Belitung Timur, Perajin Batik Sepiak di Desa Air Saga dan Perajin Keramik Hias yang ada di Batu Itam, Belitung.

Disela-sela kunjungannya itu, diantaranya ke kelompok Perajin Tenun Cual milik Sahdinawati di Belitung Timur, Melati mengatakan, pengembangan tenun cual merupakan salah salah satu focus program kegiatan Dekranasda Babel dalam membranding Cual Babel.

Melati mengharapkan, di Beltim dan juga di kabupaten lain yang ada di Babel mempunyai produk tenun yang mampu menjadi salah satu produk unggulan, yang menjadikan sebuah iconik kedaerahan dari segi motifnya.

“Dari kunjungan kali ini, banyak aspirasi yang terserap dan banyak juga motivasi yang tersampaikan, salah satunya adalah pengembangan pewarnaan pada perajin Batik Mangrove di Desa Mekar Jaya, menjadikan inspirasi bagi Dekranasda Babel kedepan, untuk mengembangkan batik dengan metode pewarnaan alami, yang mengedepankan konsep industri alami dan ramah lingkungan,” ungkap Melati.

Menurut Melati, melihat kekayaan potensi hutan bakau yang dimiliki Desa Mekar Jaya saat ini, seluas 35 hektar dari total luas daerah 146 hektar, dan Desa Mekar Jaya langsung mendeklarasikan desa mereka sebagai "Desa Bakau", ini menjadikan inspirasi positif.

“Desa Mekar Jaya akan mengembangan potensi alam yang mereka miliki, khususnya produk-produk yang dapat dihasilkan dari bahan baku bakau, dan juga pengembangan sektor pariwisata dari hutan bakau, dalam rangka meningkatkan kreatifitas tanpa batas dan mensejahterakan perekonomian desa Mekar Jaya untuk "naik kelas",” ujar Melati.

Melati didampingi Ketua dan Wakil Ketua Dekranasda Belitung, saat mengunjungi Batik Sepiak dan Keramik Hias BICA di Belitung, berpesan, agar para Perajin selalu bersemangat dan harus semakin meningkatkan kreatifitas serta selalu berinovasi, agar pasar yang kini dihadapi menjadi mudah untuk di raih. “Saatnya para perajin Babel untuk "naik kelas" menuju IKM yang berkualitas dan berdaya saing,” tutup Melati.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas