Kontingen Raimuna Diminta Promosikan Pariwisata Babel

Pangkalpinang – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babe), Dr. H. Erzaldi Rosman, meminta kepada Kontingen Raimuna Nasional XI di Cibubur – Jakarta Tahun 2017, asal Babel agar membantu mempromosikan Pariwisata Babel ke Kontingen Raimuna dari Provinsi lain di Indonesia.

“Kepada Kontingen Raimuna kita titip pesan untuk membantu mempromosikan wisata di daerah kita. Kan Kontingen Babel bergaul dengan Kontingen dari Provinsi lain. Karena semakin banyak orang kenal Babel, maka banyak orang yang datang berkunjung ke Babel,” kata Gubernur Erzaldi yang diwakili Plh Sekda Pemprov Babel, Tajuddin, SH, saat melepas Kontingen Raimona Nasional XI di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Kamis (10/8/2017) pagi.

Selain mempromosikan Pariwisata Babel, Tajuddin juga berharap Kontingen Raimuna Babel mampu meraih prestasi di Raimuna Nasional XI tahun 2017 ini.

“Saya mengharapkan raimuna kita ini dapat meraih prestasi yang terbaik, bersaing dengan kontingen provinsi lain di Indonesia. Tentu saja, dengan potensi yang mereka miliki, kita yakin Kontingen Raimuna kita (Babel) ini, dapat memperoleh prestasi yang bagus, dalam  rangkaian kegiatan yang mereka ikuti selama Raimuna di Cibubur-Jakarta,” kata Tajuddin.

Tajuddin menyebutkan, Kontingen Raimuna Babel yang jumlahnya masing-masing Kabupaten/Kota sebanyak 18 orang, dan di pimpin oleh masing-masing gugusnya, bisa diandalkan dalam banyak hal, misalnya terkait bencana, keamanan, social, dan lain-lainnya.

Pada kesempatan yang sama, Tajuddin juga menjelaskan, Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan RI, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan hidup.

“Kepramukaan sebagai wadah pendidikan luar sekolah dan di luar keluarga, dilaksanakan dalam berbagai bentuk kegiatan menarik dan menantang yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode gerakan pramuka menyelenggarakan berbagai kegiatan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan jiwa peserta didik sebagai upaya pencapaian tujuan akhir proses pembinaan yaitu pembentukan watak,” urai Tajuddin.

Sesuai dengan tujuan akhir tersebut, lanjut Plh Sekda, maka salah satu kegiatan bagi pramuka penegak dan pandega adalah raimuna. “Raimuna adalah kegiatan bagi pramuka penegak dan pandega, yang merupakan gabungan dari kegiatan Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega Putra-Putri (Perpanitra), Perkemahan Antar satuan Karya (Peran Saka) dan Perkemahan Wirakarya,” tambahnya.

Raimuna, sambung Tajuddin, merupakan kegiatan pertemuan besar dengan berbagai aktivitas yang bersifat kereatif, produktif, edukatif, inovatif dan kreatif dalam bentuk perkemahan.

Melalui kegiatan Raimuna Nasional XI tahun 2017 ini juga, peserta diharapkan dapat mengembangkan potensinya, sehingga bisa memberikan pengaruh keteladanan dan menggerakan generasi muda lainnya, dan dapat berperan aktif sebagai ujung tombak dalam mengantarkan bangsa dan Negara Indonesia yang unggul di berbagai bidang.

Pelepasan Kontingen Raimuna Nasional XI di Cibubur-Jakarta Tahun 2017, yang dihadiri seluruh Kontingen Raimuna ini, ditandai dengan penyerahan Bendera Pramuka kepada Pimpinan Kontingen Raimuna. (humasprov).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas