KPU Tetapkan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih

Pangkalanbaru, Bangka Tengah – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (15/3/1017) menetapkan pasangan calon nomor urut 4 H. Erzaldi Rosman Djohan dan H. Abdul Fatah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung terpilih masa bhakti 2017-2022. 

Penetapan pasangan calon terpilih tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) KPU Babel Nomor : 09/HK.03.1-KPT/19/PROV/III/2017 tentang Penetapan Gubernur dan wakil Gubernur terpilih, yang ditandatangani oleh Ketua dan Anggota KPU Babel, melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur masa bakti 2017-2022 yang digelar di Ruang Pertemuan Hotel Santika Bangka.

Rapat Pleno KPU di pimpin langsung Ketua KPU Babel Fahrurrozi didampingi empat komisioner KPU yakni Guid Cardi, Robert Randy Wandra, Davitri dan Lailan Cholidah serta Sekretaris KPU Babel Mas Darsono.

Ketua KPU Babel, Fahrurrozi menjelaskan, semua tahapan dalam penyelenggaraan pemilihan umum Kepala Daerah Provinsi Babel, sudah dilalui dengan baik, dan keberhasilan berbagai tahapan yang dilaksanakan KPU berkat dukungan para stakeholder, aparat keamanan dan masyarakat Babel.

Dengan ditetapkannya calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Babel tahun 2017, oleh KPU Babel, lanjut Fahrurrozi, maka sekarang telah memasuki babak akhir dari pelaksanaan penyelenggaraan Pemilukada.

Ditambahkan Fahrurrozi, penetapan calon terpilih Gubernur dan Wakil Gubernur Babel telah melalui mekanisme dan aturan yang ada, dengan memperhatikan rekapitulasi perolehan suara secara berjenjang yang dimulai dari TPS, kecamatan, kabupaten/kota dan provinsi serta mengakomodasi keberatan yang disampaikan para pasangan calon maupun rekomendasi dari Bawaslu maupun Panwaslu.

Selain itu, juga apabila adanya laporan pelanggaran atau keberatan dari penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah Babel yang dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Disampaikan Fahrurrozi, hasil rekapitulasi final pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih memperoleh suara sebanyak 213.442 suara dengan 38,94 persen suara yang sah.

Kelanjutan penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih, Fahrurrozi,  mengatakan KPU dalam 3 hari ke depan akan menyerahkan berita acara surat keputusan KPU ke DPRD Babel dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel untuk ditindaklanjuti ke Mendagri guna proses pelantikannya.

Dalam kesempatan sama, Ketua KPU Babel menyerahkan salinan surat keputusan KPU Babel kepada Calon Wakil Gubernur Babel terpilih H. Abdul Fatah yang disaksikan oleh Bawaslu Babel.

Sementara itu, H. Abdul Fatah dalam sambutannya singkatnya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Babel yang telah berpartisipasi dan bahu membahu mensukseskan pelaksanaan Demokrasi di Babel.

Pelaksanaan Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Terpilih ini, berjalan dengan aman dan tertib, dengan pengamanan sejumlah aparat kepolisian daerah Babel.

Rapat Pleno tersebut juga dihadiri Kepala Biro Hukum Setda Babel Maskupal SH, mewakili Gubernur Babel, perwakilan Bawaslu Babel, perwakilan Forkompimda Babel, Ketua Ombudsman, Komisi Informasi Daerah, Pimpinan Parpol, Ketua dan anggota KPU se- Babel. (Sentosa).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas