Macam-Macam Penyakit Menular

Penyakit menular adalah penyakit yang dapat berpindah dari satu penderita kependerita lain, baik terjadi secara langsung maupun tidak langsung. penularan penyakit secara langsung terjadi apabila kita melakukan kontak langsung dengan si penderita, sedangkan secara tidak langsung biasanya melalui media, seperti air, udara, pakaian dan lainnya

Penyakit menular tentunya sangat membahayakan. disamping efek dari penyakit itu sendiri, juga akan membuat orang-orang disekeliling penderita terancam mengalami hal yang sama, sehingga sulit untuk memberi pertolongan. Tentunya kita dituntut untuk waspada dengan mengerti bentuk, penyebab dan macam-macam penyakit menular, tujuannya agar pertolongan yang diberikan kepada penderita benar-benar maksimal dan kita tidak ikut mengalami hal yang sama. Nah pada postingan kali ini Blog Macam-macam Kanker akan membahas tentang "Macam-Macam Penyakit Menular" yang tergolong bahaya dan sering dijumpai pada lingkungan masyarakat.

 

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit menular yang pertama adalah Demam Berdarah Dengue. Demam berdarah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang tumbuh di dalam nyamuk Aides aegypti. penyakit ini tergolong penyakit ganas mematikan yang dapat menyerang manusia, baik itu anak-anak maupun dewasa. Penyebab penyakit ini adalah gigitan nyamuk Aides aegypti dan melakukan kontak langsung dengan penderita DBD.

 

2. Malaria

Penyakit menular yang kedua adalah Malaria. Malaria adalah penyakit yang disebabkan bibit penyakit Plasmodium yang merusak sel darah merah pada tubuh. penyakit ini ditularkan kepada manusia melalui nyamuk Anopheles. Penyebabnya karena beberapa hal, diantaranya : Gigitan nyamuk Malaria, Transfusi darah yang mengandung bibit penyakit malaria dan hubungan antara ibu yang malaria terhadap anaknya (melalui ASI).

 

3. Flu Burung

Penyakit menular yang ketiga adalah Flu Burung. Flu burung adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza yang ditularkan oleh unggas yang dapat menyerang manusia. Nama lain dari penyakit ini adalah Avian influenza dan sering disebut dengan nama H5N1. Penyebab penyakit ini adalah: Kontak langsung dengan unggas yang terserang Avian influenza, kontak dengan penderita, dan menghirup udara yang tercemar oleh virus H5N1.

 

4. Diare

Penyakit menular yang ke empat adalah Diare. Diare adalah penyakit dengan gejala buang air besar encer lebih dari 5 kali sehari. penyakit ini tergolong penyakit yang berbahaya, karena penderita dapat dehedrasi akibat kekurangan air pada tubuhnya. Penyebab diare adalah: Infeksi oleh bakteri, virus, dan parasit. Alergi pada makanan dan obat-obatan serta udara yang tercemar virus diare.

 

5. HIV/AIDS

Penyakit menular yang kelima adalah HIV/ AIDS. HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus. yaitu virus yang menyebabkan rusaknya/melemahnya sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga tubuh menjadi semakin lemah yang mengakibatkan penyakit-penyakit lain mudah masuk dan menyerang tubuh. Penyebabnya ada banyak faktor, diantaranya; hubungan seks yang tidak sehat, sering berganti-ganti pasangan, Penggunaan jarum suntik untuk bersama-sama dan dari ibu ke anak (jika pada hamil si ibu menderita HIV). (macammacamkankerblogspot.com)

Penulis: 
RSU Provinsi
Sumber: 
RSU Provinsi

Artikel

02/09/2016 | www.slideshare.net
16/11/2015 | www.slideshare.net
16/11/2015 | www.slideshare.net
16/11/2015 | www.slideshare.net
01/11/2014 | RSU Provinsi