Melati Erzaldi Ajak Masyarakat Babel Gemar Membaca

MUNTOK, BANGKA BARAT - Dalam Rangka menciptakan Generasi yang mempunyai karakter, suatu Daerah harus mendorong anak - anaknya untuk gemar membaca.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi, saat memberikan materi dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Permasyarakatan Minat Baca Kabupaten Bangka Barat Tahun 2019, di Ruang Batu Rakit, Gedung Diklat Pemkab Bangka Barat, Selasa (19/3/2019).

Lebih lanjut Melati mengatakan, Tingkat literasi di Indonesia sangat rendah dikarenakan tingkat membaca yang rendah. Seperti dicontohkannya, masyarakat Indonesia, Berita Bohong atau HOAX yang sekarang ini, marak di Media Sosial diterimanya dengan mentah - mentah.

Oleh sebab itu, Ketua TP PKK Babel yang juga merupakan Ketua Gerakan Permasyarakatan Minat Baca Babel mengajak semua masyarakat Babel untuk senantiasa gemar membaca.

Kegiatan ini, merupakan program nasional sebagai implementasi dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat Indonesia.

Kedepan, kata Melati, akan dibuat program - program yang akan bersinergi dengan Dinas atau Lembaga terkait, salah satunya adalah Program TP PKK Bangka Belitung, sehingga meningkatkan Minat Baca Masyarakat, juga membuat pojok - pojok Perpustakaan di Ruang Publik.

Sebelumnya, Bupati Bangka Barat, Markus, dalam Pembukaannya mengharapkan Rakor ini dapat menjadi awal yang baik membentuk karakter masyarakat untuk gemar membaca dan masyarakat yang terus belajar. Dengan membaca juga akan meningkatkan kreatifitas dan kepercayaan diri.

Seseorang bisa membuka diri terhadap ide dan Informasi yang akan membantu perkembangan sisi kreatifitas otak, karena otak menyerap Inovasi dalam proses berfikir. Dengan membaca, dirinya meyakini seseorang dapat membentuk karakter bangsa menjadi bangsa yang cerdas dan berkualitas.

Saat ini, diungkapkannya, di Bangka Barat memiliki 10 taman bacaan, 64 Perpustakaan Desa dan 206 Perpustakaan Sekolah. Selain itu, Bangka Barat juga memiliki beberapa Program Gerakan Literasi antara lain Pencanangan Gerakan Membaca 15 menit membaca sebelum kegiatan belajar mengajar di Sekolah, Pembentukan Perpustakaan Kelas di Sekolah dan Gerakan Sagu sabu (Satu Guru Satu Buku).

Kegiatan Sehari, Rapat Koordinasi Gerakan Permasyarakatan Minat Baca Kabupaten Bangka Barat Tahun 2019, yang mengambil Tema Membangun Karakter Bangsa Melalui Kegemaran Membaca ini, diikuti oleh 30 peserta dari Pustakawan, Guru, TP PKK dan Pegiat Literasi SeBangka Barat.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas