Melati Erzaldi Hadiri Rakornis Kemitraan KKBPK Tahun 2018

JAKARTA – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) kembali menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kemitraan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Tahun 2018 yang bertajuk “Melalui sinergitas kegiatan mitra kerja di kampung KB, kita tingkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga”.

Kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan, Senin (12/02/2018).

Tujuan Rakornis ini adalah untuk meningkatkan peran mitra kerja dalam penggarapan program KKBPK, khususnya di kampung KB. Maka, untuk mendukung hal tersebut para peserta Rakornis ini pun berasal dari berbagai instansi  seperti BKKBN Pusat, perwakilan BKKBN tiap Provinsi, para pemangku kepentingan pimpinan mitra kerja tingkat pusat, serta mitra kerja provinsi (unsur TNI, POLDA, TP PKK, Muslimat NU, Aisyiyah, Ikatan IDI, IBI, Fapsedu dan Pengurus Daerah Koalisi Kependudukan).

Seperti diketahui sebagai lembaga pemerintah, BKKBN turut berperan melaksanakan Strategi Pembangunan Nasional 2015-2019 dengan fokus penggarapan pada Dimensi Pembangunan Kesehatan serta Mental/Karakter (Revolusi Mental) yang diintegrasikan ke dalam Program KKBPK.

Untuk itu, program KKBPK dan berbagai kegiatan prioritas di dalamnya senantiasa diarahkan untuk mewujudkan Nawa Cita, terutama Cita ke-3 “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”, Cita ke-5 “meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia”, dan cita ke-8 “melakukan revolusi karakter bangsa” yang diawali dengan Revolusi Mental.

Maka, salah satu bentuk upaya nyata di lapangan yang telah dilakukan untuk mewujudkan ketiga cita tersebut, adalah pembentukan Kampung KB. Sejak dicanangkan oleh Presiden Jokowi di Kabupaten Cirebon, Provinsi Jawa Barat, pada 14 Januari 2016, berdasarkan laporan pelaksanaan program dan kegiatan di kampung KB sampai dengan saat ini, Kampung KB telah dicanangkan di 7.657 Kabupaten dan Kota di seluruh Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Melati Erzaldi selaku Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Babel terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan yang dimulai dari pukul 09.30 wib tersebut. Besar harapannya agar seluruh desa/kampung di Provinsi Bangka Belitung dapat menjadi Kampung KB guna mewujudkan SDM dan keluarga yang berkualitas khususnya di Bangka Belitung.

Hal ini sejalan dengan instruksi Kepala BKKBN  yang mengimbau agar seluruh unit kerja BKKBN Pusat dan perwakilan BKKBN Provinsi segera mengimplementasikan kemitraan yang berkualitas bersama para pemangku kepentingan dan mitra kerja serta menyusun rencana kerja di tahun 2018.

Dalam sambutannya, Plt. Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, dr. Sigit Priohutomo, MPH juga menyampaikan apresiasinya dan menghimbau agar seluruh jajaran di BKKBN agar membuka diri serta saling terbuka dalam menjaga kemitraan.

“Kami sangat menyadari bahwa program nasional ini tidak mungkin dapat hanya dilakukan oleh BKKBN semata, namun kebersamaan dalam mencapai tujuan lebih, melalui kemitraan sangatlah dibutuhkan. Karena itu, BKKBN membutuhkan dukungan, komitmen, kepedulian tinggi, partisispasi, dan kerjasama dari para pemangku kepentingan dan mitra kerja di seluruh tingkatan wilayah Indonesia,” ujarnya.

Dan diakhir laporannya, panitia penyelenggara berharap agar kegiatan ini dapat ditindaklanjuti hasil rumusannya pada pelaksanaan Rakornis tingkat Provinsi, dan perwakilan BKKBN Provinsi bersama mitra kerjanya mampu melaksanakan rumusan hasil Rakornis kemitraan Provinsi sebagai rencana aksi kemitraan disetiap provinsi masing-masing.(Istari).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Istari
Fotografer: 
Istari
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas