Mendagri Buka Rakor Gubernur Se-Sumatera

Jambi - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur se- Wilayah Sumatera tahun 2017, yang diselenggarakan di Ballroom SwissBell Hotel Jambi, di Jambi, Senin (9/10/2017), yang ditandai dengan pemukulan gong.

Rakor yang mengangkat tema “Peningkatan peran swasta dalam pembangunan Regional Sumatera dalam kerangka peningkatan kontribusi terhadap ekonomi nasional”, juga dihadiri Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan perwakilan Menteri BUMN Fajar Harry Sampurno dan Wismaya dari Bappenas.

Mendagri dalam arahannya pada Rakot itu mengatakan, Rakor Gubernur Se Sumatera ini, bertujuan untuk memastikan adanya konektivitas antardaerah yang ada di Pulau Sumatera, yang tergabung dalam rakor Gubernur se Wilayah Sumatera.

"Mudah-mudahan pada forum hari ini akan menghasilkan kesepakatan satu sinergi dan satu konektivitas untuk pembangunan," harap Mendagri.

Selain itu Tjahyo Kumolo menjelaskan, percepatan pembangunan harus diikuti dengan sistem yang baik melalui perencanaan yang matang, sehingga program yang ditentukan berjalan dengan baik.

Ditambahkan Tjahyo, fokus pembangunan tahun 2018 difokuskan pada pengentasan kemiskinan, kesehatan, pendidikan.

Tjahyo Kumolo berharap kepada seluruh Pimpinan daerah dan peangkat pemerintah lainnya, saling melakukan komunikasi yang baik, sehingga pelaksanaaan pembangunan dapat berjalan serta saling bersinergi dan memberikan kontribusinya dalam pembangunan.

Sementara itu, Menteri PUPR  Basuki Hadimuljono mengatakan, program pembangunan infrastruktur masing - masing daerah yang telah disepakati merupakan hal yang sangat di butuhkan masyarakat luas.

"Program yang telah disepakati tersebut merupakan hal - hal yang diharapkan oleh masyarakat," jelas Basuki .

Basuki menambahkan,  proyek - proyek jalan, jembatan, irigasi, dalam pengembangan wilayah di Sumatera yang telah diprogramkan dapat meningkatkan perekonomian dan pembangunan di Sumatera.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM yang diwakili Plt Kepala Bappeda Babel, Dr. Budiman Ginting disela-sela Rakor mengatakan, kegiatan yang telah dilaksanakan melalui komisi - komisi ini, sebelumnya telah dilaksanakan tanggal  8 Oktober 2017, dan telah ditentukan hal - hal yang menjadi program masing - masing.

"Rakor Gubernur se-Sumatera di Jambi telah menghasilkan kesepakatan, dan ditandatangani sepuluh Gubernur. Untuk Babel telah kita masukkan program pembangunan jembatan Bangka-Oki Sumsel sebagai jembatan Bangka Tol Trans Sumatera, yang masuk program feederroad penunjang tol trans Sumatera," terang Budiman.

Lanjut Budiman Ginting, begitu juga untuk tol laut, pemerintah telah memasukkan lima pelabuhan laut untuk dikembangkan, diantaranya Pangkalbalam, Tanjung Beriga, Sadai, Tanjung Ular dan Tanjung Batu. Begitu juga kerjasama penerbangan Pangkalpinang Belitung Lampung.

Selain itu, tambah Budiman Ginting, percepatan penyelesaian RZP3K perlu dukungan bersama masyarakat, sehingga RZP3K dapat tuntas.

“Hasil kesepakatan ini, akan dikirimkan ke Kementerian terkait, dilampiri detail data dan persyaratan yang dibutuhkan, dalam dua minggu kedepan,” ungkapnya.

Terkait dengan tuan rumah pelaksanaan Rakor Gubernur se wilayah Sumatera tahun 2018, Budiman Ginting mengatakan tuan rumah pelaksanaan tahun 2018 di Provinsi Sumatera Barat.

Turut hadir juga dalam Rakor ini delegasi Pemprov Babel, diantaranya Asisten Bidang Administrasi Umum, K.A. Tajuddin, SH., Kepala Bakuda Babel Ferry Apriyanto, Kepala Dinas Kehutanan Nazalyus, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan, Toni Batubara, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Babel Noviar, Kepala Dinas Perhubungan Sarjulianto, Kepala Dinas Pertambangan Surianto, Inpektur Pemprov Babel Yulizar, Kepala Biro Umum Setda Babel, Ellyana, Sekretaris DKP Babel, Padli, dan perwakilan Pejabat dari 9 Provinsi se Sumatera lainnya. (Sentosa).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas