Menkes Dukung Pembangunan Badan Pelatihan Kesehatan di Babel

HUMASPRO, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes-RI), Letjen TNI (Purn) Terawan Agus Putranto menyatakan dukungan penuh terhadap Pembangunan Badan Pelatihan Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan di RSUD Dr (HC) Ir Soekarno, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Pernyataan itu disampaikan Menkes kepada Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman menanggapi permintaan Gubernur Erzaldi dalam Audiensi dengan jajaran Kementerian Kesehatan, Senin (24/02/2020) siang di Ruang Ceut Mutia Lantai 2 Kementerian Kesehatan, di Jakarta.

Berkenaan itu pula, Menkes akan mendorong stafnya untuk mengecek kadar kualitas air dan terkontaminasi besinya untuk pencemaran biologi dan kimia di Babel. "Untuk pencemaran radiasi kita akan meminta pendampingan dari BAPETEN untuk periksa semua lokasi,” kata Menkes Terawan.

Bahkan Menkes Terawan juga menyanjung Ide Gubernur Babel yang luar biasa, yang meminta saran akan bekerja sama dengan ASDP dan minta sedikit bagian seperti RS Terapung atau Puskesmas, tetapi didalamnya ada dokter spesialis.

Gubernur Erzaldi, usai Audiensi mengatakan, Menkes RI sangat merespon dan berkenaan dengan fasilitas RSUD Soekarno dan RSUD dr. H. Marsidi Judono. "RSUD dr. H. Marsidi Judono yang sudah ditetapkan Kementerian sebagai Rumah Sakit Pariwisata. Kita minta dukungan dan bantuan dari Kementerian Kesehatan untuk segera realisasi beberapa hal berkenaan dengan fasilitas dari rumah sakit tersebut," ujar Gubernur Erzaldi.

Untuk RSUD Soekarno, ditambahkan Gubernur, Menkes juga berkenaan membantu dengan peralatan Radiologi Intervensi, termasuk penanganan fisiotherapy untuk kanker dari Kementerian. Tahun depan, kata Gubernur, itu akan terealisasi dengan terus di follow up.

Tak sebatas meminta saran dan bantuan fasilitas kesehatan, Gubernur Erzaldi juga  mengundang Menkes untuk Membuka Raker Kesda Kesehatan Provinsi Babel. "Insya Allah bulan April Menkes Terawan akan hadir di Rakor Kesehatan dan kunjungan ke Pulau Lepar ke RS Pratama Kriopanting, sehingga Pak Menteri mendapat informasi yang baik sehubungan dengan pelayanan kesehatan di Babel," ungkap Gubernur.

“Tadi juga Pak Menteri minta kepada kita untuk membuka peluang bagi putra daerah untuk disekolahkan ke dokter spesialis. Dalam waktu dekat akan kita buka syaratnya putra - putri daerah. Selesai pendidikan spesialis harus kembali bertugas didaerahnya,” ucap Gubernur.

Dalam Audiensi itu, Menkes Terawan didampingi langsung Staf Ahli Bidang Ekonomi Kesehatan‎, Subuh, dan Direktur Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Riskiyana Sukandhi Putra, Staf Khusus Menteri Bidang Tata Kelola Pemerintahan Mayjen TNI (Pur.) Daniel Tjen, dan jajaran Kementerian Kesehatan.

Sementara Gubernur Erzaldi turut didampingi Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto, Direktur RSUD Marsidi Judono Belitung, Hendra, Dirut RSUP Soekarno, Armayani Rusli, dan Dirut RSJ, Andri Nurtito.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Rahimah/Pongky
Fotografer: 
Rustam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas