Menristekdikti Berikan Apresiasi Kepada UBB

Merawang, Bangka – Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti) Republik Indonesia (RI) Prof. H. M. Nasir, Ph. D yang didampingi Gubernur Babel yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum K.A. Tajudin SH hadir pada acara Dies Natalis ke-11 Universitas Bangka Belitung (UBB), sekaligus menyampaikan orasi ilmiahnya yang diselenggarakan di Lapangan Fakultas Teknik UBB Kamis (13/4/2016) siang.

Menristekdikti dalam kesempatan itu mengatakan, UBB harus memiliki target capain yang diinginkan dalam kurun waktu yang ditentukan, demi kemajuan pendidikan tinggi di Babel, sehingga dengan target yang ditentukan mampu memberikan nilai tersendiri dalam peningkatan kualitas pendidikan di perguruan tinggi.

M. Nasir memberikan apresiasi kepada UBB, dimana universitas ini merupakan univesitas yang usianya masih muda tetapi memiliki prestasi yang cukup menggembirakan dibandingkan dengan beberapa universitas yang ada dengan usia yang cukup dewasa, tetapi prestasi yang dimiliki kurang menggembirakan.

Terkait dengan perkembangan teknologi kelistrikan di Babel lanjut Nasir, perlunya pengembangan listrik tenaga nuklir (nuclear power plant), karena sumber daya alam Babel mampu memenuhi kebutuhan pasokan dan kebutuhan listrik tenaga nuklir.

“Listrik tenaga nuklir (Nuclear Power Plant ) sangat potensial didirikan di Babel, mengingat sumber daya alam yang dimiliki dalam memenuhi kebutuhan bahan mentah dan pasokan  lainnya untuk mencukupi kebutuhan listrik ke depan,” jelas Nasir.

Sementara itu, Gubernur Babel Rustam Effendi melalui sambutannya yang dibacakan K.A. Tajudin, SH mengatakan, kehadiran UBB adalah cita-cita yang telah lama mengakar dalam diri masyarakat Babel.

“Ide pembentukan UBB telah menjadi predeterminant dari pembentukan Provinsi Babel yang dipetakan jauh sebelumnya, sehingga UBB resmi berdiri tanggal 12 April 2006, berbekal Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 52//O/2006 tertanggal 12 April 2016,” kutip Tajudin.

Gubernur, kata Tajudin, juga berharap UBB mampu mengembangkan diri dan menjadi kebanggaan bersama hingga kedepan menjadi pusat ilmu pengetahuan dan kepakaran yang disegani di Indonesia, bahkan di kawasan pasifik.

"Saya percaya UBB terus memberikan kontribusinya untuk menunjang keberhasilan pembangunan serta menjadi universitas riset yang menghasilkan sumber daya dan karya-karya unggul di bidang pembangunan yang berkelanjutan didasarkan pada keunggulan moral, mental dan intelektual untuk membangun peradaban bangsa dan disegani di dunia internasional dan pasifik," tambah Tajudin.

Dalam kesempatan sama, Rektor UBB Dr. Ir. M. Yusuf, M. Si mengaku bangga atas kehadiran Menristekdikti pada Dies Natalis ke -11 UBB, dan dalam perjalanan yang dilakukan selama ini menjadikan UBB semakin berkembang.

Ke depan, lanjut M. Yusuf, UBB menjadi universitas kebanggaan di Babel dan menciptakan para sarjana-sarjana yang berkualitas dan terampil dibidangnya masing-masing, serta kampus ini juga menjadi poros dalam pembangunan pendidikan  mental, sosial dan pengetahuan.

Ditegaskannya, keberadaan UBB menjadi aset yang sangat berharga dalam memberikan kontribusinya dalam menciptakan kualitas pendidikan tinggi, dan menghasilkan sumber daya manusia kreatif dan kompetif.

Selain itu, ditambahkan Yusuf, UBB juga akan melaunching mini zoo yang merupakan kebun binatang kecil yang ada di areal kampus, dan hewan yang dipelihara merupakan hewan asli yang hidup di Babel. (Sentosa)

 

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas