Menteri Agama Apresiasi Pelaksanaan PPMN di Babel

 

Koba, Bangka Tengah - Menteri Agama Lukman Hakim Sarifuddin membuka Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) III tahun 2017 ditandai dengan menabuh gendang yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Pramuka Selawang Segantang Koba Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Selasa (16/5/2017).

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan tri satya pramuka merupakan bagian dari perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara dalam mengamalkan Pancasila sehingga perlu diikrarkan dalam setiap kegiatan pramuka.

“Tri Satya pramuka yang dikenal dilingkungan gerakan pramuka sebagai komitmen atau janji  yang terdiri dari 3 Point yaitu demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh- sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan NKRI dan pancasila, menolong sesama hidup, dan menepati dasadarma”

Menteri Lukman Hakim juga memberikan apresiasi atas terselenggaranya pelaksanaan perkemahan pramuka madrasah III tahun 2017 di Bumi Selawang Segantang

“Saya memberikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah atas terselenggaranya Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional III yang di laksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Lukman Hakim.

Lanjut Lukman Hakim Pancasila menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam menjaga NKRI dan mengamalkan Pancasila dalam wadah kesatuan Negara Indonesia.

“Pancasila adalah sesuatu konsensus yang dulu telah dibuat oleh para pendahulu kita, para pendiri bangsa dan menjadi kewajiban kita untuk mentaatinya serta menjaga kata Menteri Agama,” ujarnya.

Menag berharap dengan pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah III ini, mampu merefleksikan  diri dan senantiasa memiliki komitmen/konsensus bersama bahwa kehidupan berbangsa dan bernegara begitu juga dengan kegiatan gerakan pramuka menjadi cerminan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Gubernur Babel, H. Erzaldi Rosman yang diwakili oleh Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Drs. Abdul Fatah, M. Si mengatakan, Perkemahan Pramuka Madrasah  Nasional III yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Selawang Segantang dapat menyatukan dan memberi motivasi dalam kebhinekaan dan keragaman yang ada.

“Pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional III 2017 akan lebih membulatkan tekad kita dan memotivasi gerakan pramuka di Indonesia,“ ungkap Abdul Fatah.

Lanjut Abdul Fatah, pelaksanaan ini juga sebagai wadah dan wahana pertemuan bagi pramuka madrasah golongan penegak, membangun diri dalam kreatifitas serta prestasi pramuka madrasah yang mampu meningkatkan kualitas pemuda /pramuka serta menjalin rasa persatuan dan kesatuan serta tumbuhnya para kader, paradigma pembangunan yang mumpuni,  handal untuk kepentingan pembangunan bangsa dan negara.

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adyaksa Dault yang juga hadir dalam kesempatan itu mengatakan, pelaksanaan Perkemahan Pramuka Madrasah  Nasional III yang dilaksanakan di Babel berlangsung dengan lancar yang diikuti oleh pramuka penegak, mewakili dari 34 provinsi seluruh Indonesia. “Pelaksanaan Perkemahan Pramuka madrasah III dilaksanakan mulai tanggal 14-20 Mei 2017,” jelas Adyaksa Dault.

Turut hadir dalam upacara pembukaan Perkemahan Pramuka Madrasah III Gubernur, Wakil Gubernur Babel, Wakil Bupati Bangka Tengah, Pejabat Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah Provinsi dan Kabupaten Bangka Tengah, Ketua PKK Provinsi Babel, dan unsur terkait lainnya. (Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas