Momen HKN Diharapkan Merubah Mindset Masyarakat

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Dr. H. Erzaldi Rosman, SE., MM yang diwakili Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kepulauan Bangka Belitung, Sumini Yuliastuti, Se, MM hadir dalam Puncak Acara Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 53 tahun 2017 tingkat Provinsi Babel, yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Babel, Selasa (14/11/2017) pagi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Pemprov Babel, Haryoso, SH., Kepala Dinas Kesehatan Babel, drg. Mulyono Susanto, Wakil Ketua TP PKK Babel, Laksmi Abdul Fatah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota Se-Babel, Pimpinan Rumah Sakit Umum Daerah dan Swasta Se-Babel, Pimpinan BPJS Kesehatan, Pimpinan Sekolah dan Perguruan Tinggi Kesehatan se-Babel, Organisasi Profesi Kesehatan, Instansi Vertikal dan Swasta, serta Keluarga Besar Dinas Kesehatan Pemprov Babel.

Gubernur Erzaldi Rosman dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Sumini, mengatakan, Peringatan HKN ke-53 Tahun 2017, yang mengambil Tema “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”, sejalan dengan Program Indonesia Sehat, melalui pendekatan keluarga yang menekankan keluarga sebagai bagian penting dalam mendorong masyarakat yang mandiri untuk hidup sehat.

Program lain yang didorong, kata dia, adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Melalui Germas bekerjasama dengan Lintas Sektor dan Lintas Program, diharapkan dapat mewujudkan masyarakat untuk berperilaku hidup sehat, yang pada akhirnya mampu membentuk Bangsa Indonesia yang Kuat.

“Dengan Program Indonesia Sehat, Pendekatan Keluarga dan Germas ini, dapat membangun kemandirian keluarga dan masyarakat, dalam hidup sehat, sebagai upaya promotif dan preventif, yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, sehingga tercipta masyarakat produktif yang berperan aktif dalam Pembangunan Nasional,” ungkap Sumini.

Momen HKN ini, diharapkan merubah mindset masyarakat untuk berpikir bagaimana mencegah, jangan mengobati. “Kita ubah perilaku masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat dengan pola makan yang sehat dan teratur, rutinitas olahraga dan mengecek kesehatan,” pungkasnya.

Sementara pada kesempatan sama, Kepala Dinas Kesehatan Babel, drg. Mulyono menerangkan, melalui serangkaian Peringatan HKN ke-53 tahun 2017 ini, dapat dipetik beberapa hal, diantaranya kegiatan senam bersama yang merupakan salah satu kegiatan dalam germas. Juga gerakan makan sayur dan buah, kesemuanya itu untuk sosialisasi perilaku hidup  sehat.

Mulyono menyebutkan, rangkaian kegiatan Peringatan HKN tingkat Provinsi Babel ini, dimulai sejak bulan Oktober hingga November, melalui kegiatan Germas yaitu memecahkan rekor MURI senam sehat bersama, dan diikuti kabupaten/ kota Se-Babel dengan pemeriksaan kesehatan gratis, upacara HKN di Halaman Kantor Gubernur, lomba cerdas cermat bidang kesehatan, lomba penyuluhan, senam sehat, lomba olahraga, kontes pangan sehat, lomba Hiburan, seminar kesehatan, donor darah dan pemberian penghargaan bagi tokoh dan tenaga kesehatan serta Bazar.

Di akhir acara Puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke- 53 tahun 2017 tingkat Provinsi Babel ini, selain dilakukan pemberian penghargaan kepada pemenang lomba, juga dilakukan secara simbolis pemberian bantuan Bina Lingkungan tahun 2017 oleh PT Angkasa Pura Presero Bandara Depati Amir Pangkalpinang berupa 2 unit perahu dengan mesin tempel kepada Dusun Pengkalen Baru, Desa Ranggung, Kecamatan Payung Bangka Selatan yang diterimakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Bangka Selatan, Supriyadi. (Lulus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas