Muadzin Sholat Subuh, Ust Somad Sanjung Gubernur Erzaldi

SUNGAILIAT, BANGKA – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman membuat kaget ratusan jemaah yang akan sholat subuh di Masjid Agung Sungailiat Kabupaten Bangka. Selain memimpin takbir, pada kesempatan itu, Ia juga menjadi Muadzin.

Apa yang dilakukan Gubernur Erzaldi tersebut, langsung mendapatkan tanggapan sangat positif dari Ustadz Amdul Somad yang menjadi penceramah usai sholat subuh berjemaah di Masjid Agung tersebut.

Bahkan, mengawali ceramahnya Kamis (7/12/2017), Ust Somad blak-blakan menyanjung kepemimpinan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, yang telah memperlihatkan dan mencontohkan tauladan positif bagi masyarakatnya, terutama dalam hal keagamaan.

"Baru kali ini, selama saya ceramah ada Gubernur yang menjadi muadzin. Sungguh luar biasa. Padahal, selama ini saya memberikan tausyiah, para pejabatnya selalu protokoler betul," sanjung Ust Somad.

Sementara itu dalam ceramahnya Ust Somad menyampaikan penjelasan tentang mahzab syafei, yakni berkaitan dengan hukum sah atau tidak sahnya bersentuhan antara laki-laki dan perempuan setelah berwudhu.

Wudhu adalah salah satu syarat utama sebelum mengerjakan ibadah sholat. "Saya memilih mahzab syafei, karena bersentuhan antara laki-laki dan perempuan batal, kecuali dengan muhrimnya, seperti istri, anak, keponakan, selama orang tersebut sehat tidak ada gangguan jiwa seperti memandang muhrimnya dengan syahwat,” terang Ust Somad.

"Setelah berwudhu masuklah kita kedalam masjid dengan memanjatkan do’a meminta kepada Allah SWT agar diampuni dosa-dosa kita, dan niatkan khusyuk dalam sholat. Apabila sholat selesai, mintalah kepada Allah lagi diampuni dosa-dosa orang tua, diri sendiri, saudara kita kaum muslim. Kemudian, jika keluar dari masjid mintalah kepada Allah dimurahkan rizki dan diberikan kekuatan serta kesehatan,"  seru Ust Somad.

Sebelumnya di tempat yang sama, Gubernur Erzaldi Erzaldi dalam sambutan singkatnya agar meminta para Jamaah untuk menarik dan menerapkan dalam kehidupan apa yang akan ditausyiahkan dari Ustadz Somad ini.

"Saya berharap Jemaah Sholat Subuh di Masjid Agung ini, akan terus penuh seperti. Saya merasa terharu dan juga bahagia, karena saya juga mendengar apabila para Jamaah yang hadir tidak hanya dari warga sekitar tetapi juga dari luar daerah seperti Pangkalpinang, Mentok, Toboali, maka gunakanlah kesempatan ini untuk menambah ilmu dan.keimanan kita," kata Erzaldi.

Dalam kesempatan yang sama juga disampaikan keutamaan sholat subuh. "Barang siapa mengetahui manfaat dan safaat sholat subuh berjamaah di masjid yang sesungguhnya, maka dengan merangkak sekalipun niscaya dia akan mendatangi masjid untuk sholat subuh".

Selain dihadiri ratusan masyarakat, sholat subuh berjemaah sekaligus ceramah agama yang disampaikan Ust Somat itu, juga dihadiri Bupati Bangka, unsure Forkopimda, dan sejumlah Kepala OPD baik di Lingkungan Pemprov Babel maupun Kabupaten Bangka.(Imam/Agoeng).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam/Agoeng
Fotografer: 
Imam/Agoeng
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas