Natak Kampung, Gubernur Erzaldi Kunjungi Desa Penagan

BANGKA--Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman kembali melakukan perjalanan Natak Kampung sekaligus Safari Jumat ke Masjid Al-Huda Desa Penagan Kabupaten Bangka pada Jumat (14/9/2018).

Diawali dengan tausiyah Ustazd Subardan yang  menyampaikan dan mengajak para jemaah untuk harus membiasakan untuk bersyukur.

"Salah satu syarat untuk bisa mendapatkan ketenangan dan bahagia juga sejahtera yaitu dengan bersyukur. Ingatlah ada kebaikan dari orang lain dan yang nilainya sangat penting bagi hidup kita dan yang teramat sangat penting adalah ingat kepada Allah SWT yang sudah memberikan segala sesuatunya kepada kita. Lalu sifat memaafkan kesalahan dari orang lain seperti Nabi kita yang memperlakukan  musuhnya seperti memperlakukan saudara. Maka bersihkan dan beningkan hati kita guna keikhlasan kita dalam taqwa,” tutur  Subardan dalam ceramahnya.

Sedangkan Kades Penagan,  Ismail Saan menyampaikan suatu kehormatan bagi semua warga atas kehadiran Gubernur Erzaldi dan Subardan. “Kami  juga berharap akan memberikan arahan dan juga wejangan perihal perkebunan kepada jemaah yang hadir saat ini yang juga kebanyakan para petani baik lada maupun  karet,” ujar Ismail.

Sedangkan dalam sambutannya Gubernur Erzaldi menyampaikan saat ini komoditi karet sudah banyak negara di dunia yang menanam. “Karena sudah  banyak yang menanam maka yang menjual saat ini menjadi sulit. Lalu yang kedua adalah sawit.  Ada lagi salah satu kesalahan yaitu tidak adanya satu ketegasan soal harga sawit,” kata Erzaldi.

 Lebih jauh Erzaldi menyatakan soal rencana pembangunan pabrik sawit yang sudah empat kali batal yaitu di Bangka Selatan. “Ini pelajaran untuk kita jangan iri dan dengki.  Sedangkan lada kita saat ini perang dagang dengan Vietnam dan sudah bertambah satu lawan yaitu  negara Kamboja.  Bahkan saat ini konsumen lokal lebih memilih lada Sulawesi atau Makasar dan Sumatera  karena lebih putih akibat dicuci dengan bahan kimia,” papar Erzaldi.

Namun kata Erzaldi  kita tidak hilang akal. “Salah satu upaya kita saat ini adanya sistem resi gudang serta   bibit  dan pupuk gratis,” tukas Erzaldi.

 Selain melakukan Sholat Jumat, Erzaldi juga menyempatkan diri mengunjungi dermaga baru nelayan Desa Penagan. Dalam kegiatan ini Erzaldi  didampingi Kepala Biro Kesra Pemprov Babel dan sejumlah pejabat lainnya.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam/Munawar/Hasan
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Irwanto
Bidang Informasi: 
Humas