Pemprov akan Bentuk Tim Perumusan dan Pokja Percepatan Pendirian Fakultas Kedokteran UBB

PANGKALPINANG -Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) H.  Abdul Fatah menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel akan membetuk tim perumusan percepatan pendirian Fakultas Kedokteran di Universitas Bangka Belitung (UBB), yang nantinya tim tersebut mengawal kebijakan-kebijakan pendirian Fakultas Kedokteran UBB.

Selain tim perumusan, kata Wagub, Pemprov bersama UBB juga akan membentuk tim Pokja percepatan pendirian fakultas kedokteran di UBB yang berlokasi di Balun Ijuk.

“Hasil pertemuan ini, kita akan menetapkan tim perumus. Terus dari tim perumus tersebut akan di sebar dalam tataran masing-masing Pokja. Pokja-pokja itu nantinya menangani apa yang akan dilakukan, baik waktu maupun langkah apa selanjutnya,”  kata Wagub, Selasa (28/05/2019) usai menghadiri Rapat Percepatan Program Studi Kedokteran UBB serta Penyusunaan RKPD tahun 2020, di Ruang Romodong Lantai I Kantor Gubernur Babel.

Pokja tersebut lanjut Wagub, nantinya, berfungsi untuk menyelesikan segala hal –hal yang berkaitan dengan keteknisan pendirian fakultas kedokteran ini.

"Pokja itu nantinya ada dari Pemprov dan UBB, untuk menyelesaikan segala kebutuhan sarana dan prasarana, SDM dan Lahan untuk membangun gedung fakultas kedokteran," ungkap Wagub.

Untuk menidaklanjuti kebutuhan sarana dan prasarana tersebut, lanjut Wagub, nantinya, Pemprov Babel akan membantu menganggarkan pada anggaran APBD. "Sebagian dalam Pokja itu ada dari Bappeda yaitu pak Feri Insani nantinya yang bisa menjelaskan anggarannya," ujar Wagub.

Ditambahkan Wagub, pembetukan tim perumusan dan tim Pokja percepatan pendirian Fakultas Kedokteran UBB nantinya kan dibuat draf dan jika sudah jadi akan ditandatangani oleh Guernur.

“Nantinya akan ada pokja A dan pokja B, kemudian akan di buat SK yang ditandatangani oleh Gubernur,” tambah Wagub.

Menanggapi penganggaran, Feri Insani Kepala Bapeda Babel,  sangat mendukung apapun kebutuhan dari UBB mulai dari sarana dan prasarana sampai pada kebutuhan lainnya. "kita optimis, sangat mendukung percepatan prodi kedokteran," tuturnya.

Sementara itu, Rektor UBB Muh. Yusuf mengharapkan secepatnya dibetuk tim perumusan dan tim Pokja.

“Yang perlu kita bentuk adalah adanya penyiapan tim perumusan yang nantinya lebih pada tataran kebijakan dan tim pokja sebagai garda terdepan untuk segera terwujud yang sifatnya teknis,” jelas Yusuf.

Selain itu, Ia juga berharap penuh terhadap Pemprov Babel untuk percepatan pendirian fakultas Kedokteran melalui APBD Provinsi. “Kita berharap satuan fisik bisa di suport penuh oleh APBD Provinsi,” imbuhnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas