Pemprov Babel dan Pemkot Batu Gagas Konsep Wisata B4

Kota Batu, Jawa Timur - Dalam upaya mengembangkan potensi pariwisata yang berada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan daerah lain, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel bersama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Batu, Provinsi Jawa Timur menggagas kerjasama pengembangan keparwisataan Kota Bersaudara (Sister City) dengan konsep wisata B4 yaitu Babel, Bandung, Bali dan Batu.

Sekda Provinsi Babel, Dr. Yan Megawandi yang diwakili Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Provinsi Babel, Dr. Budiman Ginting usai melakukan pertemuan dengan Asisten II Setda Pemkot Batu, Kamis (3/8/2017) di Kantor Walikota Batu, menegaskan, Gubernur Babel telah melakukan pertemuan dengan Walikota Batu dan menghasilkan gagasan yaitu Kosep wisata B4 yaitu Babel, Bandung, Bali dan Batu.

“Kunjungan ini menindaklanjuti kunjungan Gubernur Babel ke Kota Batu. Terkait dengan masalah wisata, terutama wisata yaitu B4. Babel, Bandung, Bali, Batu. termasuk grand desain parawisata. Untuk itu, pak Gubernur ingin lebih detail,” tegasnya.

Melalui pertemuan dan kunjungan yang dilakukan oleh Pemprov Babel ke Kota Batu Jatim ini, lanjut Budiman, Pemprov Babel sudah mendapatkan informasi mengenai kosep pariwisata di Kota Batu. Oleh sebab itu, nantinya akan ada penerapan  konsep pariwisata tersebut di Babel.

“Kita sudah dapat lebih jauh dan lebih detail mengenai informasi kepariwisataan, sehingga secara koseptual nanti ada beberapa yang bisa diterapkan di Babel, karena Babel dan Kota Batu bebeda alamnya,” ujar Budiman.

Untuk melihat perkembangan Pariwisata Kota Batu, ditambahkan Budiman, rencananya Gubernur Babel akan mengajak seluruh Kepala Daerah Kabupaten dan Kota Se-Babel untuk melihat secara langsung infrastuktur dan kepariwisataan Kota Batu. Dengan tujuan untuk belajar bersama-sama mengembangkan pariwisata di derahnya masing-masing.

“Pak Gubernur akan mengajak Bupati dan Walikota di Babel untuk berkunjung ke sini, agar Bupati dan Walikota bisa melihat langsung ke sini, bagaimana Kota Batu ini digerakan sebagai kota administratif menjadi kota madiya yang cukup berhasil. yang tadinya sepi sekarang menjadi maju dan masyarakatnya juga maju dengan pendekatan -pendekatan pendapatan masyarakat melalui sektor pariwisata, sehingga pertaniannya ikut maju, UKM-nya ikut maju, dengan begitu pemerintah bisa maju bersama masyarakatnya. Saya rasa ini patut kita tiru, karena efek pariwisata bisa mengangkat rakyatnya, bukan saja investasi saja,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Batu Endang menegaskan, dengan adanya gagasan B4, diharapkan nantinya wisatawan local maupun mancanegara dapat tertarik berkunjung ke daerah B4 tersebut, umumnya ke Indonesia.

“Hari ini, kami menerima kunjungan dari Provinsi Babel yang tujuanya adalah membuat jejaring pariwisata bersama. Mudah- mudahan nanti bisa terwujud antara Babel, Bandung, Bali dan Batu, jadi 4B, sehingga wisatawan manca negara semakin tertarik berkunjung ke Indonesia,” katanya.

Oleh sebab itu, melalui Kungker yang dilakukan Pemprov Babel ini, diharapkan Endang, Pemprov Babel bisa mencontoh konsep- konsep pariwisata yang berada di wilayah Kota Batu, untuk dikembangkan di Babel.

“Kami berharap kunjungan delegasi Babel ini, bisa mengambil sisi pembangunan kami yang positif dengan pengembangan pariwisata yang bisa di tiru untuk mengembangkan parwisata di daerah Babel,” tutur Endang.

Endang menambahkan, Konsep B4 sangat  bagus bila dikembangkan, sebab mengusung paket wisata yang menarik.

“Potensi alam Babel memiliki potesi yang indah dengan pulau yang unik, laut yang bersih yang memiliki daya tarik tersendiri. Sedangkan kami alamnya pegunungan dan udaranya dingin. Itulah yang kami jual, sehingga kami mengembangkan wisata gunung,  wisata belanja sangat cocok untuk B4 yang dikoneksikan,” tambahnya. (Mislam).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Mislam
Fotografer: 
Mislam
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas