Pemprov Babel Ditawari Jadi Penyelenggara Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1

Air Itam, Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kedatangan Anugerah Holding Pts. Ltd. Singapura, yang merupakan perusahaan pemegang Lisensi Penyelengaaraan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1, F1H2O U.I.M Powerboat World Championship.

Kedatangan mereka, tidak lain dalam rangka menawarkan kepada Pemprov Babel sebagai Penyelengaara Kejuaraan yang dimaksud pada tahun 2018 mendatang.

Kehadiran General Manager Anugerah Holding Pts. Ltd., Zalinah Jantan, BBA, dan rombongan di Ruang Pertemuan Pantai Romodong Kantor Gubernur, Kamis (15/6/2017), tersebut, diterima Gubernur Babel yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Haryoso, SH, didampingi Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sumini Yuliastuti, SE, MM, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ir. H. Syahrudin, M.Si, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Rahmadi, S.PD, MA, serta Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Babel, Arie Primajaya, SE, M.Si.

General Manager Anugerah Holding Pts. Ltd., Zalinah Jantan, BBA dalam paparannya menjelaskan, Formula 1 Powerboat Racing ini adalah olahraga air yang paling spektakuler di dunia. “Kejuaraan ini diselenggarakan sejak tahun 1981, dan dikelola secara profesional. Sejak awal penyelenggaraannya F1H2O U.I.M Power Boat World Championship ini, telah dilakukan di 41 Venue di seluruh dunia,” paparnya.

Namun demikian, terangnya tidak semua tempat di dunia bisa menyelenggarakan kejuaraan ini, karena kejuaraan ini hanya bisa dilakukan di Cekungan Air, Danau Sungai, Pelabuhan atau pantai yang tenang. Dan berbagai hal khusus juga harus dipersiapkan di tempat lokasi dari Paddock, Crane, serta peralatan dan fasilitas pendukung lain yang wajib disediakan. “Seluruh kegiatan ini, diperkirakan harus disiapkan anggaran kurang lebih sebesar 2,8 juta US Dollar,” kata Zalinah Jantan.

Dengan Kejuaraan ini, menurut Zalina, Indonesia, khusus Babel akan memiliki keuntungan seperti eksposur, promosi, memperkuat dan mempertahankan pariwisata Babel baik lokal maupun internasional beserta bisnis spin, dan industri lain terkait.

Ia berharap Pemprov Babel menerima penawaran dan menjadi pelaksana penyelenggaraan F1H2O U.I.M Power Boat World Championship ini tahun depan, yang rencananya di sepanjang Pantai Terentang Bangka Tengah.

Sementara itu, Haryoso mewakili Gubernur Babel menyampaikan terima kasih kepada Anugerah Holding Pts. Ltd. Singapura dan tim yang telah berkunjung ke Babel, dan telah memberikan kepercayaan atas wacana penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1, F1H2O U.I.M Power Boat World Championship 2018 mendatang di Babel.

“Kejuaraan ini, mempunyai manfaat yang strategis bagi Babel, khususnya dalam rangka meningkatkan Promosi Wisata Babel di Mata Dunia. Namun, tidak serta merta Kegiatan ini bisa langsung dilaksanakan, karena kegiatan ini bersekala Internasional dan membutuhkan Anggaran yang besar, maka harus dipertimbangkan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Kementerian Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Luar Negeri,” ujar Haryoso.

Haryoso juga menyebutkan, anggaran yang dibutuhkan sebesar 2,8 juta US dollar untuk penyelenggaraan kejuaraan ini, bagaimana cara mencarinya, apakah dengan sporsorship atau bagaimana, akan dibicarakan lebih lanjut. Kalau memang terlaksana, ini tentunya mempromosikan Pariwisata Babel, dan perekonomian meningkat, di 2018 akan dicari waktu dimana cuaca yang mendukung.

Seluruh paparan yang disampaikan ini, terang Haryoso, akan dilaporkan kepada Gubernur Babel untuk tindaklanjut. (Lulus).                  

                             

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas