Pemprov Babel Gelar Rakor Perdana Bersama BUMD se Babel

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Teknis Tata Kelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Se- Babel.

Kegiatan yang difasilitasi Biro Perekonomian Setda Babel, Selasa (6/11/2018) ini, diadakan di ruang Rapat Pantai Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, dan Gubernur Babel Erzaldi Rosman diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar.

Dalam sambutannya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel, Yanuar mengatakan, pembentukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan BUMD didasari oleh ketentuan UUD 1945 Pasal 33, khususnya ayat (2) dan (3) yang mengandung maksud bahwa  cabang-cabang produksi penting bagi negara yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

Kemudian, lanjut dia, bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

“Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2017 tentang BUMD yang merupakan badan usaha, seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh daerah. Maka tujuan didirikan BUMD adalah untuk memberikan manfaat bagi perkembangan perekonomian daerah pada umumnya, menyelenggarakan kemanfaatan umum berupa penyediaan barang dan jasa yang bermutu bagi pemenuhan hajat hidup masyarakat sesuai kondisi, karakteristik, dan potensi daerah yang bersangkutan berdasarkan tata kelola perusahaan yang baik,” jelas Yanuar.

Lebih lanjut Yanuar menegaskan, melalui Rakor perdana BUMD se-  Babel ini, bersama-sama mencari solusi-solusi terbaik bagi pengembangan BUMD se-Babel ke depannya. “Kita harus bisa mencari jalan keluar terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh BUMD,” ujarnya.

Jadi, kata dia, jangan sampai BUMD se-Babel ini, hanya jalan di tempat, karena tanpa di dukung oleh BUMD Pemerintah Daerah (Pemda) tidak bisa berjalan sendiri. “Jangan sampai Pemda terus mensupply pada BUMD, tapi hasilnya belum kelihatan. Harapan kita, adanya sinergi antara Pemda dengan BUMD itu sendiri bagi kemajuan Babel,” tandas Yanuar.

Diakhir arahannya, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Babel ini, mengajak seluruh perusahaan dan BUMD yang ada di Babel untuk mensinergikan dan mensinkronkan teknis tata kelola BUMD yang ada dengan program Pemda, agar dapat meningkatkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dalam rangka memberdayakan, mengedukasi dan mensejahterakan masyarakat di Babel.

Di kesempatan yang sama, Kepala Biro Perekonomian Setda Babel, Saimi, mengatakan Rakor Teknis Tata Kelola BUMD se Babel ini, merupakan Rakor perdana yang dilakukan oleh Pemprov Babel.

Rakor ini, dikatakannya, bertujuan untuk sharing/dengar pendapat terkait perkembangan BUMD, baik itu di Provinsi dan juga BUMD di Kabupaten/Kota. Hasil dari Rakor ini, akan menjadi bahan masukan bagi Pemerintah Daerah untuk menentukan kebijakan strategis bagi perkembangan BUMD yang ada di Babel.

Rakor BUMD ini, turut dihadiri Kepala Biro Perekonomian Setda Babel, Saimi, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bangka Tengah, Muhammad Anas Maruf, sejumlah Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Biro Perekonomian Setda Babel dan , sejumlah Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Bagian Perekonomian Kabupaten/Kota de-Babel, Perwakilan Direksi/Pengurus BUMD Se-Babel,  dan unsur terkait lainnya. (Agus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas