Pemprov Babel Harus Lebih Menggali Potensi yang ada

Pangkalpinang - Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, MM mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), harus lebih menggali lagi segala potensi yang ada di daerah ini.

“Terkait dengan kebijakan pemerintah pusat telah menentukan Bangka Belitung sebagai destinasi wisata, maka Pemprov Babel harus lebih menggali lagi segala potensi yang ada, sehingga memacu pertumbuhan dan perkembangan perekonomian di Babel,” kata Marsetio saat paparan di hadapan para Pejabat di Lingkungan Pemprov Babel,  unsur Forkopimda, dan berbagai unsur masyarakat lainnya, Rabu (6/9/2017), di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel.

Ia menjelaskan, pemerintah pusat saat ini fokus pada kemaritiman yang dikenal dengan lima pilar maritim, begitu juga dengan di Bangka Belitung yang dikenal dengan laskar pelangi perlu diekspos dan di exsplore.

Lima pilar tersebut, kata dia, terdiri dari budaya maritim, sumber daya maritim, infrastruktur dan konektivitas maritim, diplomasi maritim dan pertahanan maritim.

Selain itu, lanjut Marsetio, ada juga tujuh pilar stategis Kebijakan Kelautan Indonesia, yang terdiri dari pengelolaan sumberdaya kelautan dan pengembangan sumberdaya manusia, pertahanan, keamanan, penegakan hukum dan keselamatan laut, tata kelola dan kelembagaan kelautan, ekonomi, infrastruktur kelautan dan peningkatan kesejahteraan, pengelolaan ruang laut dan perlindungan lingkungan laut, budaya bahari serta diplomasi maritim.

Ia menyebutkan, pada bulan Agustus hingga Desember 2017 mendatang, akan dilakukan The Route of Yacht Rally Sail Sabang 2017. Sesuai dengan agenda yang telah ditetapkan, bulan Oktober 2017  wilayah Babel akan menjadi daerah lintasan kegiatan tersebut.

Daerah yang bakal dilalui yacht Rally Sail Sabang, diantaranya  Manggar, Belitung, serta Pulau Ketawai.

Menanggapi hal itu, Gubernur Babel Erzaldi Rosman yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, Pemprov Babel akan memadukan Manggar, Belitung, serta Pulau Ketawai menjadi suatu konsep sail yang mengundang para yachter untuk melakukan aktivitas. “Kita akan mengenalkan dan menjual potensi pariwisata kita,” ujar Gubernur.

Gubernur Erzaldi juga berharap, ke depan wisatawan yang ikut melakukan sail tersebut, dapat tinggal lebih lama di Bangka Belitung, sehingga akan meningkatkan promosi pariwisata yang akan disampaikan wisatawan yang berkunjung ke Bangka belitung.(Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas