Pemprov Babel Ikuti Anjuran Pemerintah Pusat, Salat Id di Rumah Saja

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) tetap mengikuti anjuran Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan Salat Idul Fitri 1441 H di rumah saja.
Hal itu disampaikan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, Selasa (19/5/2020) dalam Rapat Tindaklanjut Arahan MenkoPolhukam RI terkait Pengamanan dan Penegakan Protokol Kesehatan dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H yang diselenggarakan di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel. 

Gubernur mengatakan, sesuai dengan anjuran yang telah disampaikan Pemerintah Pusat melalui MenkoPolhukam RI, Mahfud MD pada saat video conference pada Senin (18/5/2020) lalu, pelaksanaan salat Id dilakukan di rumah.

Dengan adanya kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat tersebut, maka  pemerintah daerah hanya meneruskan dan mengimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan kebijakan tersebut dengan baik dan tetap menjaga protokol kesehatan Covid-19.

“Kami mengimbau dan terus mensosialisasikan untuk tidak melaksanakan Salat Id secara berjamaah,  di rumah saja,” tegas Erzaldi.

Menurut Gubrrnur, dengan melakukan Salat Id di rumah dapat memutus mata rantai penyebaran virus corona, dan masyarakat yang melakukan salat tidak perlu adanya kekhawatiran karena dilakukan di rumah masing - masing.

Langkah dan kebijakan yang telah diambil pemerintah tersebut, ditambahkan Gubernur, merupakan langkah antisipasi dan pencegahan dalam penyebaran virus corona. 

Demikian halnya dengan open house yang biasa dilaksanakan usai Salat Idul Fitri, untuk tahun inimjuga ditiadakan.

Terkait dengan kegiatan pasar yang saat ini ramai, Gubernur Erzaldi mengungkapkan,  pemerintah selama ini, selalu melakukan pengawasan, termasuk sosialisasi dan menyampaikan kepada penjual serta pembeli untuk menggunakan masker. “Tidak ada open house, mohon maaf,” kata Guber Erzaldi.

Hal senada diungkapkan Kapolda Babel, Anang Syarif bahwa pelaksanaan salat id dapat dilaksanakan di rumah saja, dan masyarakat dapat melaksanakan dengan baik. “Pada prinsipnya kita mengimbau Salat Id dilaksanakan di rumah,” ungkap Kapolda. 

Namun, kata Kapolda, seandainya ada yang melakukan itu di luar, Ia minta satu, menyampaikan kepada polsek atau polres terdekatnya, dan dapat melaporkan ke polsek,  polres dan anggota yang akan mengatur.

Pertemuan itu turut dihadiri Kapolda Babel, Danrem 045 Gaya, Kepala BIN Babel, Kemenag Babel, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan instansi terkait lainnya.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas