Pemprov Babel Jalin Kerjasama dengan RS Jantung Harapan Kita

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan kerjasama dengan Rumah Sakit (RS) Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) oleh kedua belah pihak.

Pemprov Babel dalam Penandatanganan Nota Kesepahaman yang berlangsung di Ruang Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur, Senin (12/3/2018) siang itu, dilakukan oleh Wakil Gubernur Kepulauan Babel, Abdul Fatah, sementara dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita ditandatangani oleh Direktur Utamanya dr. Iwan Dakota, Sp.JP.

Kesepakatan itu terkait Peningkatan dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit  Umum Daerah Dr. (H.C) Ir. Soekarno Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk memperkuat kerjasama itu, dilaksanakan juga Penandatanganan MoU antara Rumah Sakit  Umum Daerah Dr. (H.C) Ir. Soekarno Pemprov Babel oleh Direktur, dr. Hastuti dengan  RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang ditandatangani oleh Direktur Utamanya dr. Iwan Dakota, Sp.JP tentang Jejaring Pelayanan dan Rujukan, Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bidang Jantung dan Pembuluh Darah.

Dalam Sambutannya Wakil Gubernur Abdul Fatah, menjelaskan mengenai kondisi geografis Babel yang terdiri beberapa Pulau dengan 1,4 juta penduduk yang tersebar di 6 Kabupaten/Kota. Dan seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang bahwa Pemerintah wajib melindungi segenap tumpah darah Indonesia diantaranya adalah melindungi dalam pelayanan kesehatan.

“Pelayanan kesehatan itu, harus optimal dan bagaimana caranya, adalah kita harus meningkatkan pelayanan. Salah satu metodenya adalah dengan kerjasama seperti saat ini yang kita lakukan. Hal ini merupakan suatu langkah yang perlu dilakukan, melihat Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki,” ungkap Wagub.

Seperti yang telah Pemprov Babel lakukan, kerjasama dengan Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr.Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta  terkait bedah syaraf, hal yang sama disebutkan Wagub, juga dilakukan dengan RS Jantung dan Pembuluh Darah harapan kita ini.

“Pada hari ini, kita bangun titik tekan untuk memanfaatkan potensi keahlian dan fasilitas yang dimiliki, agar mampu memberikan pelayanan dan meningkatkan kualitas pelayanan mengenai penyakit Jantung dan Pembuluh Darah. Kita ingin Pembangunan kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat Babel, sehingga diharapkan menjadi RS Jantung pertama di Babel,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama  RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, dr. Iwan Dakota, menjelaskan, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita berdiri sejak tahun 1965 dengan Nama RS Jantung Harapan Kita oleh Yayasan Harapan Kita, diinisiasi oleh alm Ibu Tien Suharto. Sejak tahun 1998 diserahkan kepada Kementerian Kesehatan, sehingga menjadi RS vertikal pemerintah pusat dengan kurang lebih 1900 karyawan dengan tenaga 60 kardiolog dan Bedah menjadi RS rujukan tertinggi untuk penyakit jantung Indonesia.

2008 didelegasi oleh pemerintah sebagai RS Pusat Jantung Nasional, dan di tahun 2017 menguatkan tupoksi jantung nasional dan pusat pengampu penyakit jantung, pengampu jejaring  penyakit cardio vaskular nasional dari Aceh hingga Papua. “Saat ini, sudah 14 RS Rujukan Provinsi yang kami bina,” ungkapnya.

Dengan adanya Kerjasama ini, kata dia, menjadi kewajiban bagi pihaknya untuk melakukan pembinaan, dengan harapan pelayanan penyakit jantung di Babel dapat ditingkatkan, dengan Metode penyapihan.

Katanya, bukan hanya pendampingan, tetapi diharapkan dengan adanya Tim Ahli dapat dilakukan pelayanan secara mandiri. “Setiap jangka waktu tertentu juga akan dilakukan Monitor dan Evaluasi, dan SOP yang digunakan adalah SOP yang kami gunakan, dengan harapan mutu yang dilakukan setara dengan apa yang kami lakukan di RS jantung dan pembuluh darah harapan kita,” terang Iwan.

Iwan menambahkan, bila memang hal ini dilakukan hal yang perlu dilaksanakan ke depan adalah dengan membuat Rencana Strategis yaitu Bangunan, Alat Kesehatan (Alkes) dan SDM. Kesemua itu diharapkan Pelayanan Cardio Vaskular yang baik di Babel, dan RS Ir Soekarno mendapat predikat Layanan Paripurna.

Ikut mendampingi pada Penandatanganan MoU tersebut sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemprov Babel dan Tim dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita serta Rumah Sakit  Umum Daerah Dr. (H.C) Ir. Soekarno Pemprov Babel.(Lulus).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas