Pemprov Babel Kembali Bahas Penanganan Pencegahan COVID-19 Bersama DPRD

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) diwakili Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul kembali rapat bersama DPRD Babel membahas Penanganan Pencegahan Penyebaran Virus Covid -19. 

Rapat berlangsung di Ruang Rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Babel, Senin (23/3/2020) tersebut, dihadiri langsung Ketua DPRD Didit Srigusjaya dan sejumlah anggota DPRD Babel yang tergabung dalam Banmus.

Wakil Gubernur Babel Abdul Fatah mengatakan, rapat yang diselengarakan di ruang banmus DPRD ini merupakan rapat dalam membahas anggaran yang dibutuhkan dalam penanganan Covid-19 di Babel dan langkah yang sudah diakukan selama ini dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Babel.

“Rapat penanganan ini terkait dengan penanganan virus Covid 19 di Babel bersama DPRD Babel, yang saat ini juga sedang di bahas di Tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel terkait dengan Pengadaan Alat Kesehatan, serta langkah konkret dalam pencegahan dan penanganan virus corona di Babel," ungkapnya.

Wagub mengungkapkan dengan adanya rapat ini juga membahas tentang anggaran yang akan digunakan dalam pencegahan penyebaran virus corona di luar anggaran yang telah disejutui oleh DPRD yang dialokasikan dalam pencegahan Covid 19 sebesar 25 milyar.

“Dengan kebutuhan real yang belum tertampung, maka rapat ini dilakukan secara marathon, dan hari ini dan besok akan dilakukan rencana relokasi anggaran,” jelas Abdul Fatah. 

Ditegaskannya dengan adanya penyesuaian anggaran yang akan dilakukan dapat melihat program dan kegiatan pemerintah yang paling prioritas untuk dilaksanakan, sedangkan program dan kegiatan pemerintah yang tidak masuk prioritas dapat dialokasikan dalam pencegahan penyebaran  Covid 19 di Babel.

Pada kesempatan yang sama Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya mengungkapkan, terkait dengan penanganan Covid-19 di Babel harus dilakukan dengan gerak cepat, agar penyebaran virus ini dapat tertangani dengan baik.

Jadi, kata dia, DPRD hari ini, ingin bergerak cepat. "Kita ingin menjawab keresahan masyarakat, karena masyarakat Babel sangat resah penyebaran virus ini, dan saat ini Babel masih zero penularan yang positif,” ujar Didit.

Selain itu, Didit menjelaskan, DPRD dan Pemprov Babel akan melakukan pembahasan anggaran dalam penanganan pencegahan penyebaran Covid -19 di luar anggaran yang telah disetujui sebelumnya sebesar 25 miliar.

Dari hasil rapat tersebut, dikatakan Didit, juga terdapat fasilitas yang harus diadakan, seperti fasilitas body cleaner yang akan di pasang di pintu masuk wilayah Babel, seperti di Bandara, dan pelabuhan yang ada di wilayah Babel.

Didit mengharapkan kepada Pemprov Babel untuk mencari lokasi terpadu dalam penanganan ODP dan PDP yang ada di Bangka Belitung agar terpusat.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas