Pemprov Babel Kerjasama dengan Universitas Taiwan

Pangkalpinang - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan Kerjasama dengan Universitas Taiwan tentang Beasiswa Strata 1 dan Magang kerja bagi Putra-Putri Bangka Belitung.

Kerjasama itu ditandai dengan Penandatangan Momerandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak, dalam hal ini oleh Gubernur Babel, H. Erzaldi Rosman dan  CEO HongFu International Technology Co.Ltd, Jimmy Chen, di Ruang Pasir Padi Lantai III, Kantor Gubernur, Rabu (12/7/2017).

Dalam sambutannya, Gubernur Erzaldi Rosman meyakinkan dan memberikan kepercayaan kepada para orang tua pada khususnya yang selama ini masih bimbang dan ragu akan Program Beasiswa Strata 1 dan Magang kerja yang telah mereka tawarkan.

Program ini, menurutnya luar biasa, di mana segala sesuatu sudah melalui proses. Untuk itu pergunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, karena ini merupakan kesempatan yang tidak ditawar dua kali.

Gubernur juga yakin Perusahaan dan Universitas Taiwan ini, akan menjamin sarana dan prasana termasuk Jaminan Kesehatan bagi anak-anak ini, melalui Asuransi yang telah disiapkan.

“Kepada para putra-putri calon mahasiswa, setelah di Taiwan nanti untuk benar-benar belajar, bekerja keras, dan disiplin, karena kalau kita tidak memberikan kualitas dan kuantitas yang cukup, untuk yang akan datang pasti tidak akan mendapat kesempatan yang baik ini,” ungkap Gubernur.

Kepada pihak perusahaan dan Universitas Taiwan ini, Gubernur memberikan apresiasi dan mendukung atas program yang telah mereka jalankan. Namun demikian Gubernur, berharap dan memberikan syarat agar kedepan Perusahaan ini maupun perusahan lain di Taiwan untuk berinvestasi di Babel, sehingga setelah anak-anak lulus nanti mendapat tempat bekerja di perusahaan tersebut.

Setelah Izin ke departemen luar negeri untuk pemberitahuan selesai, lanjut Gubernur, maka para Calon Mahasiswa ini sudah bisa diberangkatkan.

Sementara itu, pihak Taiwan melalui Prof. Lin Jiao Sou, dari Meiho University menjelaskan, kedatangan rombongan dari Taiwan ini, karena peduli akan masa depan anak-anak Babel. Selama 4 tahun nanti, selain mendapat pendidikan dan magang di perusahaan lokal, juga akan mendapat Kesempatan belajar bahasa Inggris dan Mandarin, yang kesemuanya sangat baik untuk masa depan.

Kepada Orang Tua Ia berharap untuk jangan khawatir kuliah di Taiwan, karena di sana banyak masyarakat Indonesia yang bekerja maupun belajar di Taiwan. “Jadi, mereka telah familiar dengan budaya dan kebiasaan orang Indonesia. Perusahaan berusaha semaksimal mungkin menyediakan beasiswa dan tinggal di taiwan  dan menjamin serta menjaga anak-anak ini di Taiwan. Semangati anak-anak untuk program ini kedepan mempunyai masa depan yang cerah,” imbaunya.  

Prof. Lin Jiao Sou juga mengucapkan terimakasih kepada Gubernur yang mendukung program ini. Ke depan pihaknya akan mengajak perusahaan Taiwan ke Bangka Belitung untuk berinvestasi di sini, dan anak-anak setelah lulus nanti bisa bekerja di perusahaan Taiwan itu.

Menurutnya, Ini momen bersejarah dan program perdana yang diluncurkan, sehingga kalau program berhasil akan ada program-program selanjutnya. Tidak hanya itu, kalau ternyata dalam kuliah di Taiwan ini menunjukkan prestasi, bisa melanjutkan program magister maupun doktor.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Babel, M. Soleh melaporkan, dalam kegiatan ini mengundang seluruh kepala sekolah SMA/SMK, dewan pendidikan, peserta yang telah mendaftar bersama orangtua masing-masing, supaya mendapat informasi, penjelasan yang utuh mengenai program ini langsung dari rombongan pihak Perusahaan maupun Universitas.

Dalam program yang perdana ini, Babel mendapat kuota sebayak 300 mahasiswa, namun mungkin karena adanya keraguan orang tua, maka hingga saat ini baru sebanyak 66 peserta. Untuk itu, pihaknya menghadirkan rombongan dari Taiwan mempresentasikan, sekaligus menandatangani MOU dengan Gubernur.

Program ini, dijelaskan Soleh, merupakan peluang bagi anak-anak Babel, meningkatkan sumberdaya manusia Babel dan bisa berdaya saing global. Diharapkan program ini, berjalan  tidak hanya tahun ini saja, tapi berkelanjutan, dan Kedepan melalui Dinas Pendidikan akan mencoba bekerjasama bukan hanya dengan Taiwan, tetapi dengan negara lain. (Lulus).

 

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad. S
Bidang Informasi: 
Humas