Pemprov Babel Raih SAKIP BB dari Kemenpan RB

HUMASPRO, BATAM - Hampir tiga tahun kepemimpinan Gubernur Erzaldi Rosman dan Wakil Gubernur Abdul Fatah, Kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kini mengalami lonjakan peningkatan yang sangat membanggakan. 

Capaian Kinerja itu, dibuktikan dengan Pemprov Babel meraih Predikat Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Tahun 2019, untuk Wilayah I dari Kementerian PAN RB. 

Penghargaan SAKIP dengan Predikat BB tersebut, diserahkan langsung Menteri PAN & RB, Tjahjo Kumolo kepada Gubernur Babel Erzaldi Rosman, di Radisson Golf dan Convention Center Bukit Indah Sukajadi Residential Area, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Senin (10/2/2020).

Gubernur Erzaldi didampingi Pj Sekda Babel, Yulizar, Asisten Administrasi Umum, Darlan, dan sejumlah Pejabat Pimpin Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Babel mengucapkan syukur, Laporan SAKIP Pemprov Babel Tahun 2019 berhasil naik peringkat dari B ke BB, dengan angka kurang lebih 74. 

Menurut Gubernur Erzaldi, diterimanya penghargaan ini, mencerminkan Sistem Kinerja Pemprov Babel sudah rapi dan lebih kuat, serta dituntut pengawasan dari Inspektorat yang lebih efektif dan efisien.  

Gubernur menyatakan optimis pada tahun depan SAKIP Pemprov Babel mendapatkan Predikat A. Upaya itu, kata dia, dengan melakukan langkah dan strategi melalui kolaborasi bersama OPD di lingkup Pemprov Babel. 

"Insya Allah dengan sistem yang sudah lebih rapi dan kuat, kami akan meningkatkan pengawasan dari Inspektorat. Kita berkeyakinan, Insya Allah tahun depan kita akan berusaha mendapatkan Predikat A," tegas Erzaldi. 

Ditekankan Gubernur, dengan semakin baiknya Laporan SAKIP Pemprov Babel ini, kinerja, dan pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat akan optimal, diiringi oleh efisiensi dan fokus kepada kegiatan yang telah direncanakan, dan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Erzaldi menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan karyanya, pesan beliau kepada seluruh ASN di Lingkungan Pemprov Babel, yaitu dalam setiap kegiatan yang telah dilaksanakan, dilakukan evaluasi, konsolidasi serta pengawasan, dan pengendalian yang didukung dengan sistem aplikasi yang terintegrasi serta mengikuti kebutuhan (upgrade sistem).   

Untuk mendapatkan hal itu, ditegaskan Gubernur Erzaldi, semua dibutuhkan SDM yang handal dan berkompetensi, agar dalam melakukan kerja yang diberikan secara lisan maupun tertulis dapat terlaksana dengan baik, serta memberi manfaat kepada masyarakat. 

"Perolehan SAKIP BB ini didapatkan atas kerja keras dan komitmen Gubernur, Wakil Gubernur bersama Tim serta seluruh Pejabat hingga ASN yang telah berkarya, bersinergi dalam mencapai tujuan yang lebih berorientasi hasil,  fokus, efisien dan tepat sasaran dalam pencapaian target yang telah ditetapkan. Terima kasih kepada semua pemangku kepentingan, sehingga Babel bisa mencapai kinerja BB," ucap Gubernur Erzaldi.

Sebelumnya, Menteri  PAN & RB, Tjahjo Kumolo mengatakan, dengan adanya SAKIP ini, dapat melakukan pemetaan kegiatan dan program di instansi secara efektif dan efisien. 

"Manfaat evaluasi SAKIP  dapat memetakan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang merupakan hasil dari implementasi manajemen kinerja serta anggaran berbasis kinerja secara berkesinambungan," jelas Menteri PAN & RB. 

Melalui pemangkasan birokrasi, ditambahkan Menteri Tjahjo, pemerintahan dapat meningkatkan efisiensi anggaran dalam membangun bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas