Pemprov Babel Sosialisasikan Iuran Anggota, Pengelolaan dan Peruntukkan Dana KORPRI

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDMD) Babel, mensosialisasikan Iuran Anggota dan Pengelolaan serta peruntukan Dana Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, pada Kamis (7/2/2019) pagi, dihadiri Kepala BKPSDM Babel, Kepala Biro Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Babel, Maskupal, dan diikuti perwakilan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemprov Babel itu, dibuka Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, yang diwakili Asisten Administrasi dan Umum Babel, Darlan.

Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Administrasi dan Umum, Darlan, menjelaskan, KORPRI merupakan wadah berhimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia guna meningkatkan perjuangan, pengabdian serta kesetiaan kepada cita-cita bangsa dan NKRI berdasar Pancasila dan UUD 1945, bersifat Demokratis, Mandiri, Bebas, Aktif Profesional, Netral, Produktif dan Bertanggungjawab.

Salah satu arah kebijakan dan sasaran Program Umum KORPRI yang ditetapkan pada Musyawarah Nasional VIII tahun 2015, diungkapkan Darlan, adalah peningkatan Profesionalisme dan Mensejahterakan Anggota KORPRI.

Sesuai dengan ketentuan Kepres Nomor 24 tahun 2010 tentang Pengesahan Anggaran Dasar KORPRI, Pasal 63 ayat 3, kata Darlan, dicantumkan bahwa pembiayaan untuk kegiatan KORPRI bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dapat juga bersumber dari Iuran Anggota.

Adapun Iuran Anggota dan Pengelolaan serta Peruntukan Dana KORPRI di Pemprov Babel, sambung Asisten Setda, bertujuan untuk meningkatkan rasa persatuan dan persaudaraan antar anggota, meningkatkan Profesinalisme serta meningkatkan kesejahteraan anggota KORPRI.

Sementara itu, Sekda Babel Yan Megawandi selaku Ketua Dewan Pengurus KORPRI Babel, diwakili Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman, dalam paparannya mengemukakan, dasar pelaksanaan Iuran Anggota dan Pengelolaan serta Peruntukan Dana KORPRI di Pemprov Babel adalah Kepres RI Nomor 82 tahun 1971 tentang KORPRI, Kepres Nomor 24 tahun 2010 tentang pengesahan Anggaran Dasar Korpri serta Peraturan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Nomor 3 tahun 2019 tentang Iuran Anggota dan Pengelolaan, serta peruntukan Dana KORPRI di Lingkungan Pemprov Babel.

“Adapun tujuan program ini adalah dalam rangka membantu serta meningkatkan kesejahteraan bersama Anggota KORPRI dan Keluarga di Lingkup Pemprov Babel,” ujar Sahirman.

Disebutkan Sahirman, besaran Iuran sebagaimana diatur dalam Pasal 4 adalah Rp10.000, untuk Golongan I, Rp20.000 untuk Golongan II, Rp30.000 untuk Golongan III dan Rp40.000 untuk Golongan IV.

Iuran tersebut, terhitung mulai bulan Januari yang diserahkan oleh Pegawai kepada Bendahara Pengeluaran di tiap Perangkat Daerah yang selanjutnya disetor ke Rekening KORPRI setiap tanggal 10 tiap bulannya.

“Iuran Anggota KORPRI ini, kemudian akan dikelola oleh Dewan Pengurus KORPRI Provinsi dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Sekretariat Dewan Pengurus KORPRI Provinsi. Setiap penerimaan dan pengeluarannya wajib diketahui dan disahkan oleh Ketua Dewan Pengurus KORPRI Provinsi atau kuasanya jika berhalangan,” ungkapnya.

Sedangkan peruntukan Iuran ini, diuraikan Sahirman, untuk memberikan bantuan bagi Anggota KORPRI yang Sakit, Anggota atau keluarga yang meninggal dunia, Anggota KORPRI yang Pensiun, mengalami musibah bencana alam, Anggota Mutasi keluar dari Pemprov Babel, Operasional upacara persemayaman, serta pemberangkatan dan pemakaman anggota KORPRI yang meninggal dalam tugas kedinasan.

Iuran ini juga, ditambahkannya, untuk tim pemantau dan pengelola dana iuran Korpri, Kegiatan Rapat atau Musyawarah, Kegiatan Olahraga, Kegiatan Keagamaan, serta kegiatan penungkatan Seni dan Budaya anggota Korpri.

Kepala BKPSDMD Babel, Sahirman pada kesempatan itu juga menyampaikan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi Anggota KORPRI untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas