Pemprov Babel Terus Tekan Harga Beras Hingga Dibawah Rp9 Ribu

PANGKALPINANG – Hingga saat ini, harga kebutuhan bahan pokok di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dalam hal ini adalah beras, masih bertengger di atas Rp9.000 per kilogramnya.

Untuk hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel telah berkomitmen dengan segala kemampuan yang dimiliki dan terus berusaha menekan harga bahan makanan pokok masyarakat Babel itu, hingga dibawah angka Rp9.000.

Pernyataan itu disampaikan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Pemprov Babel, Budiman Ginting saat membuka Rapat Evaluasi Operasi Pasar Beras Bulog di Ruang Romodong lantai I Kantor Gubernur Babel (06/01/2018) pagi.

Budiman menyebutkan, saat ini jumlah beras yang dimiliki dan yang masuk ke Babel dalam kondisi cukup. Bahkan Babel akan dapat tambahan beras tambahan dalam jumlah yang cukup besar.

"Pemerataan penyebaran dalam distribusi harus seimbang. Saat ini, harga beras jenis medium tetap berkisar Rp9.400, itu terhitung 17 Januari kemarin. Dan kita saat ini, berusaha menekan harga beras dibawah Rp9 ribu, karena harga dari Bulog hanya 8.200," ujar Budiman.

Menurut data saat ini, dikatakan Budiman Ginting, Babel memiliki simpanan Beras sebanyak 1, 4 ton dan akan masuk dari daerah Subang sebesar 1 ton dengan izin Bulog, dan itu tinggal bagaimana Provinsi membagikan penyaluran Beras tersebut di ke dua pulau baik Bangka dengan 700 ton dan Belitung 500 ton.

Sementara itu, Ketua Satgas Pangan Babel Mukti Juharsa mengatakan, pihaknya saat ini, sedikit mengkhawatirkan tentang peroses penyaluran dan pemerataan Beras di daerah Belitung, dimana menurut Mukti, Belitung saat ini masih kekurangan tim penyalur dari Bulog.

"Untuk menggapai setiap wilayah di Belitung tim bulog memang kekurangan tenaga atau orang, tetapi kita harus tetap bekerjasama untuk membantunya. Saya juga meminta saat ini, bantuan dari teman-teman Dinas Perindustrian dan Perdagangan agar pemerataan pendistribusian Beras di Belitung baik, seperti halnya di Bangka," ungkap Mukti.

Rapat Evaluasi Operasi Pasar Beras Bulog yang berlangsung di Ruang Romodong tersebut, juga dihadiri sejumlah instansi terkait di Lingkup Pemprov Babel, para Grosir dan Pedagang Beras dari Pasar-pasar yang ada di Kota Pangkalpinang. (Imam).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas