Pemprov Bahas Sinergitas Rencana Pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam dengan RZWP3K

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai mempersiapkan langkah-langkah untuk pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, terutama terkait dengan sinergitas Rencana  Pengembangan Pelabuhan Pangkal Balam dengan Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Hal itu dibahas melalui Forum Group Discussion (FGD) yang dilaksanakan di  Ruang Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur, Selasa (6/11/2018) sore, dihadiri  para Pejabat dilingkup Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, perwakilan PT.Timah dan PT. Pelindo Babel,  Direksi BUMD Bangka Belitung, serta instansi terkait lainnya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yanuar,  dalam arahannya saat memimpin Forum itu, mengatakan, dengan adanya rencana pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, diharapkan dapat menampung kapal - kapal besar yang akan berlabuh di Pulau Bangka, sehingga dengan adanya pelabuhan tersebut akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung.

“Kita seharusnya melakukan langkah - langkah yang konkret. Kita harus  berbagi tanggung jawab antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, PT Timah, PT. Pelindo dan BUMD, sehingga kerangka kerjasama ini dapat berjalan dengan baik,” ungkap  Yanuar.

Yanuar  berharap kepada PT. Timah untuk melakukan reklamasi, dan terkait dengan pengembangan, Pelindo dan BUMD harus berkontribusi untuk saling bersinergi dalam mewujudkan pengembangan pelabuhan Pangkalbalam. Dengan adanya sinergitas yang dilakukan, menurut Yanuar, akan mewujudkan pelabuhan yang lebih besar dan berkualitas.

Diakhir sambutannya, Yanuar berharap pelabuhan ini dapat terwujud dengan segera,  dimana kedepan Babel akan menampung kapal - kapal yang besar untuk berlabuh.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tajuddin, yang juga hadir dalam pertemuan tersebut, mengatakan, Kementerian Perhubungan telah menyetujui pengembangan pelabuhan Pangkalbalam melalui perencanaan yang telah dilakukan, dan tinjauan lokasi pengembangan Pangkalbalam dan anggaran APBD.

Pada kesempatan yang sama Perwakilan Pelindo, Nugroho mengatakan, Pelindo menyambut baik atas inisiatif Gubernur tersebut.

Dengan adanya pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam, diharapkan ke depan Bangka Belitung memiliki pelabuhan yang lebih besar, serta potensi yang luar biasa dalam perekonomian di Bangka Belitung. “Dengan adanya pelabuhan ini, nantinya kita harapkan dapat mengakomodasi pengiriman CPO keluar,” ungkap Nugroho.

Selain itu, Nugroho mengharapkan kerjasama yang dilakukan kedepan dapat mengakomodir segala proses pengembangan Pelabuhan Pangkalbalam, dan dapat terwujud dalam waktu dekat. (Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas