Pemprov Bahas Usulan Nama-nama Calon Pengurus LAM Babel

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus membahas usulan nama-nama calon pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Babel.

Rapat Pembahasan sekaligus pemantapan calon pengurus LAM, yang dilaksanakan Ruang Romodong Lantai I Kantor Gubernur Babel, Selasa (8/1/2019) itu, di pimpin Sekda Babel Yan Megawandi.

Sekda Babel, Yan Megawandi dihadapan para peserta Rapat yang terdiri dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Rivai, Perwakilan Calon Pengurus LAM Kabupaten Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Kabupaten Belitung dan Kabupaten Belitung Timur, menjelaskan, Majelis Pengguruh LAM yang saat ini telah di konsep, terdiri dari 3 orang yaitu Gubernur Babel, Ketua DPRD Babel, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, namun perlu penambahan lagi dari unsur tokoh adat, tokoh masyarakat, cendikiawan dan tokoh agama.

Dengan dibentuknya Lembaga Adat Melayu ini, melalui Peraturan Gubernur yang akan diselesaikan, Sekda mengharapkan ke empat unsur tadi dapat dimasukkan di dalam Lembaga Adat Melayu Babel.

Selain itu, Sekda Yan mengatakan, beberapa waktu yang lalu telah dilakukan koordinasi dengan Panitia Tim Seleksi Pengurus Lembaga Adat Melayu dan unsur terkait lainnya dalam penyusunannya, sehingga susunan Lembaga Adat Melayu yang selama ini masih bersifat birokratis, dapat lebih dinamis dan menampung seluruh unsur di dalam masyarakat.

Sementara itu, berdasarkan data yang disampaikan Panitia Seleksi, hingga tanggal 8 Januari 2019, telah masuk 100 lebih nama calon pengurus LAM Babel.

Dalam kesempatan itu, masing - masing perwakilan Panitia Tim Seleksi Kabupaten/Kota menyampaikan perwakilannya yang akan didaftarkan dalam list kepengurusan anggota majelis pengguruh, majelis marwah, dan unsur - unsur bidang Lembaga Adat Melayu yang mewakili tokoh tokoh adat, tokoh masyarakat, cendikiawan dan tokoh agama yang ada di Babel. (Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas