Pemprov Berikan Bimbingan Pra Nikah kepada Mahasiswa dan Pelajar Belitung

TANJUNGPANDAN, BELITUNG – Dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang berkualias dimasa mendatang, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, telah menggulirkan  Program bimbingan pra nikah kepada generasi muda di Negeri Serumpun Sebalai.

Program baru  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel  yang dimulai di era Gubernur Erzaldi Rosman-Abdul Fatah  ini, telah dilaksanakan dengan lokasi awal di Kabupaten Belitung.

Untuk tahap pertama, melalui Biro Kesra Setda Pemprov Babel, Sabtu (10/2/2018) diberikan Bimbingan Pra Nikah kepada 100 Mahasiswa dan Pelajar se Kabupaten Belitung.

Tempat pelaksanaan kegiatan bimbingan untuk menciptakan keluarga dan generasi berkualitas adalah SMAN 1 Tanjung Pandan Belitung, yang dihadiri Kepala Biro Kesra Setda Pemprov Babel, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Pemprov Babel, Kepala Kantor Kemenag Belitung, Kepala Dinas Kesehatan Belitung, Kepala SMAN 1 Belitung, dan sejumlah pihak terkait lainnya.

Gubernur Erzaldi Rosman melalui sambutannya yang dibacakan Kepala Biro Kesra Setda Pemprov Babel Asyraf Suryadin mengatakan,kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya memenuhi salah satu Visi Misi Pemprov Babel dalam bidang keagamaan, termasuk didalamnya untuk menciptakan keluarga dan generasi Babel yang berkualitas.

“Menikah di usia muda memiliki potensi lebih besar untuk gagal (cerai), karena ketidaksiapan mental dalam mengahadapi dinamika rumah tangga dan tanggung jawab atas peran masing-masing, seperti mengurus/mengatur rumah tangga, mencukupi ekonomi keluarga, mengasuh dan mendidik anak. Untuk itu, perlu bimbingan pemerintah dalam hal mencegah, menghidupkan peran orang tua dan  lingkungan untuk memberikan pengetahuan pra nikah, khususnya bagi mahasiswa dan pelajar se Babel,” kutip Kepala Biro Kesra.

Selain itu, melalui Bimbingan Pra Nikah bagi Mahasiswa dan Pelajar ini, tersebarnya informasi kepada masyarakat khususnya Mahasiswa dan Pelajar, sehingga terwujud keluarga yang harmonis di Babel.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Bmbingan Pra Nikah, Hj. Sulfa mengatakan, pembinaan bagi Mahasiswa dan Pelajar se Babel, yang dimulai dari Kabupaten Belitung ini, memiliki beberapa tujuan, diantaranya Pertama, menyebarluaskan Informasi Program Peningkatan Pembinaan Keagamaan di Babel; Kedua, menjalin kerjasama yang baik, terpadu, terkoordinasi dan sinergis dengan organisasi pemerintah serta masyarakat luas.

“Remaja menjadi sasaran pemerintah untuk diberikan pengetahuan bimbingan pra nikah, supaya remaja memahami informasi yang berkaitan dengan penyaiapan dirinya untuk berkeluarga. Karena remaja perlu pribadi yang matang dalam mempersiapkan diri membangunan keluarga yang harmonis,” tutup Sulfa.

Bimbingan Pra Nikah bagi para Mahasiswa dan Pelajar di Kabupaten Belitung ini, menghadirkan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanjung Pandan dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belitung sebagai Pemateri (Narasumber).(Karo Humas dan Protokol).

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Karo Humas dan Protokol
Fotografer: 
Karo Humas dan Protokol
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas