Pemprov Dorong Pembangunan Pabrik Pupuk Organik di Babel

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel akan mendorong pembangunan pabrik-pabrik pupuk organik dengan memanfaatkan bahan baku lokal.

Hal itu diungkapkan Abdul Fatah pada saat memimpin rapat percepatan pembangunan pabrik pupuk organik yang dihadiri tim percepatan pembangunan pabrik beserta instansi terkait di Ruang Kerja Wagub Babel, Jumat (21/9/2018).

Bahan baku lokal dalam pembuatan pupuk, ungkap Abdul Fatah, akan diadakan melalui kerjasama dengan perusahaan - perusahaan pengolah minyak kelapa sawit dan perkebunan kelapa sawit, serta peternakan sapi yang ada di Bangka.

Lanjut Abdul Fatah, bahan baku pengolahan pupuk organik tersebut, nantinya akan menggunakan bahan baku cangkang sawit, kotoran sapi, dolomit.

Selain itu, Abdul Fatah mengungkapkan, pemerintah terus mendorong program kemitraan antara perusahaan pengolahan minyak sawit dan mitra yang akan di bentuk nantinya, sehingga seluruh proses pengolahan kemitraan dan pemasaran agar di perhatikan dengan baik.

Wagub berharap, kepada tim percepatan untuk menentukan lokasi pembangunan pabrik dengan memperhatikan letak yang strategis, pengangkutan bahan baku dan pendistribusian dan pemasaran pupuk organis ke pada pasar atau konsumen.

Sementara itu, Ketua Dewan Rempah Babel Bayodandari menyampaikan, tim percepatan  pembangunan pabrik pupuk organic, saat ini, sedang mencari lokasi yang tepat, dan diharapkan letak yang akan ditentukan nantinya strategis dari segi pengangkutan limbah maupun bahan baku pupuk, pemasaran produk pupuk.

Bayodandari menjelaskan, ke depan pupuk organik yang akan di produksi dalam bentuk pupuk cair dan pupuk granul yang dikemas.

Bayodandari juga menyebutkan, tim percepatan pembangunan pabrik pupuk organik terdiri dari Dinas Pertanian Babel, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Babel, Bappeda Babel, Polman Babel, serta instansi terkait lainnya. (Sentosa).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas