Pemprov Dukung Event Saka Widya Budaya Bakti Nasional Pertama di Babel

PANGKALPINANG – Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Abdul Fatah menegaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel mendukung Pelaksanaan Kegiatan Saka Widya Budaya Bakti Nasional Pertama 2018 (Event Kemah Bakti Tingkat Nasional) yang akan di helat di Babel.

Hal itu diungkapkan Wagub saat memimpin rapat tindaklanjut terkait event tersebut, Rabu (10/10/2018) siang, di Ruang Rapat Pantai Tanjung Pendam Lantai II Kantor Gubernur Babel.

“Pertemuan siang ini, merupakan bentuk action plan yang harus kita lakukan secara bersama-sama dalam rangka mensukseskan event Kemah Bakti Tingkat Nasional di Babel,” tegas Wagub.

Ditegaskan kembali oleh Wagub Abdul Fatah, Gubernur Babel Erzaldi Rosman sangat mendukung Kegiatan Saka Widya Budaya Bakti Nasional Pertama Tahun 2018 yang akan di gelar pada bulan November mendatang, di bumi perkemahan Depati Amir Balun Ijuk Kabupaten Bangka. Beliau (Gubernur) berharap, dengan digelarnya Event tersebut Babel akan semakin dikenal di tingkat nasional,” ujar Abdul Fatah.

Untuk suksesnya event nasional itu, Wagub Abdul Fatah berharap, koordinasi agar lebih intens dilakukan. Hal ini, kata Wagub,  penting dilakukan oleh pihak Direktorat Sejarah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bersama dengan Panitia di daerah yang dikoordinir Ketua Kwarda Babel.

Koordinasi intens penting, ditambahkan Wagub, selain untuk mensukseskan pelaksanaan Kegiatan Saka Widya Budaya Bakti Nasional Pertama Tahun 2018 yang memang baru pertama kalinya di gelar, juga untuk menunjukkan ke para peserta dan undangan yang nantinya turut hadir bahwa Babel memang siap dan layak menggelar Event ini.

Triana Wulandari selaku Direktur Sejarah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yang juga hadir dalam rapat itu mengatakan, bulan November nanti Babel akan kedatangan kurang lebih seribuan orang yang akan mengikuti kegiatan Kemah Bakti Tingkat Nasional Pertama tahun 2018 di bumi perkemahan Depati Amir, Balun Ijuk Bangka.

Kegiatan ini, dikatakannya, akan rutin di gelar setiap lima tahun sekali. Jadi, satu kehormatan Babel ditunjuk oleh Kemendikbud untuk menggelar event ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Babel terkait persiapan pelaksanaan Kegiatan Saka Widya Budaya Bakti Nasional Pertama Tahun 2018. Harapan kami di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, melalui kegiatan ini, nantinya akan lahir calon pemimpin bangsa yang memiliki karakter yang kuat, dan tentunya dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa,” tutur Triana.

Sementara itu, dalam rapat tersebut, Ketua Kwarda Babel, Melati Erzaldi menyampaikan kesiapan Babel yang telah ditunjuk sebagai tuan rumah Saka Widya Budaya Bakti Nasional Pertama 2018.

Di hadapan Direktur Sejarah Kemendikbud RI, Melati Erzaldi juga memperkenalkan budaya, wisata, kuliner khas Babel dan komoditi unggulan Babel, yakni lada.

Rapat yang turut diikuti  Sekda Babel Yan Megawandi, sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkup Pemprov Babel, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty, Pengurus Kwarcab Kabupaten/Kota, dan unsur terkait lainnya itu, diakhiri dengan penyerahan cinderamata oleh Direktur Sejarah Kemendikbud RI, Triana Wulandari kepada Ketua Kwarda Prov.Kep.Babel, Melati Erzaldi, sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan untuk korban bencana alam di Sulawesi Tengah oleh Murmahudi selaku Wakil Ketua Kwarcab Bangka kepada Ketua Kwarda Babel, Melati Erzaldi. (Agus)

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Agus
Fotografer: 
Agus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas