Penerima Hibah Harus Paham Apa yang Harus Dilengkapi

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Babel, Erzaldi Rosman, melalui sambutannya yang disampaikan Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah (Setda), Darlan, mengatakan, Penerima Hibah, khususnya dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, harus mengerti dan paham apa yang harus dilengkapi sebagai penerima hibah.

Untuk memahami hal tersebut, kata Asisten Administrasi dan Umum, perlu adanya Sosialisasi. “Dengan adanya sosialisasi ini, penerima mengerti segala proses yang telah ditentukan mulai dari surat menyurat, proses SPJ, peruntukkannya, serta konsolidasi yang harus dilakukan antar pengurus dengan yayasan yang menerima hibah,” ungkapnya, saat membuka Sosialisasi Penerapan Hibah Tahun 2019, di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Kamis (21/2/2019).

Selain itu, kata Darlan, Penerima Hibah agar melakukan pengawasan dan evaluasi mulai dari proses dan penyelenggaraan kegiatan, serta menyampaikan laporan pertanggungjawabannya pada tahun berikutnya.

“Harapan Pemprov Babel, tahun mendatang dapat memberikan bantuan hibah lebih banyak lagi, sehingga dengan adanya bantuan hibah yang disampaikan tersebut, tersebar merata di seluruh daerah yang ada di Babel,” tutup Darlan.

Sementara itu, Kepala Biro Kesra Setda Babel, Asyraf Suryadin, dalam paparannya menjelaskan, hibah yang akan disampaikan pada Tahun Anggaran 2019 berupa hibah organisasi kemasyarakatan kepada masyarakat Babel.

Dalam proses penerimaan hibah pada tahun 2019 tersebut, diuraikan Asyraf, memiliki persyaratan, yaitu: a) memiliki akte pendirian yang dikeluarkan oleh notaris; b) telah terdaftar pada kementerian yang membidangi urusan hukum dan hak asasi manusia paling singkat 3 tahun yang dibuktikan dengan surat tanda pengesahan badan hukum; c) memiliki surat keterangan domisili dari lurah atau kepala desa setempat; d) memiliki sekretariat tetap yang berkedudukan dalam wilayah administrasi Provinsi, kecuali masyarakat yang memiliki hubungan dengan Provinsi dan berada diluar Provinsi; dan e) memiliki nomor rekening bank.

Asyraf berharap, dengan adanya persyarakatn yang telah ditentukan tersebut, seluruh penerima hibah dapat melengkapi surat - surat dan persyaratan yang dibutuhkan.

Turut hadir dalam sosialisasi itu, Perwakilan Baznas Babel, dan Penerima Hibah Pemprov Babel TA 2019 yang ada di Babel.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas