Percepat Izin Rute Terbang Pangkalpinang-Yogya, Gubernur Babel Lobi Danlanud Adisucipto

YOGYAKARTA -- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Baabel) Erzaldi Rosman terus bergerak. Keinginan Gubernur untuk memperkenalkan Babel kepada dunia internasional seakan tak putus Ia lakukan.
Menurut Erzaldi, salah satu cara untuk lebih cepat memperkenalkan Bangka Belitung adalah membuka sebanyak mungkin rute penerbangan langsung ke Bangka Belitung.
Saat ini, rute langsung yang baru ada di Bandara Depati Amir diantaranya Pangkalpinang-Jakarta, Palembang, Batam dan yang terbaru Bandung. Untuk menutup akhir tahun ini, akan ditambah lagi rute langsung Pangkalpinang-Yogyakarta.
Rute baru ini, akan dibuka untuk pertama kali pada Kamis 28 Desember 2017. Mengenai kesiapan rute baru ini, sudah disiapkan jauh hari oleh pihak  PT Angkasa Pura II Bandara Depati Amir selaku otoritas penerbangan di Provinsi Bangka Belitung.
"Alhamdulillah, pada Kamis 28 Desember 2017 ini akan dilakukan penerbangan perdana rute Pangkalpinang-Yogyakarta," ujar Gubernur Babel Erzaldi Rosman, Minggu (24/12/2017).
Untuk memantapkan rencana rute baru ini, Gubernur Erzaldi melakukan pertemuan dengan Komandan Lanud (Danlanud) Adisucipto, Marsma TNI Ir Novyan Samyoga MM, di Lanud Adisucipto Yogyakarta, Sabtu (23/12/2017).
Kunjungan Gubernur ini untuk melakukan lobi dan memastikan percepatan izin rute Yogyakarta-Pangkalpinang. Hasil kunjungan Gubernur Erzaldi ini akhirnya membuahkan hasil terbang perdana Pangkalpinang-Yogyakarta pada Kamis 28 Desember 2017.
"Intinya, pertemuan saya ke Danlanud untuk memastikan keinginan masyarakat Babel agar segera terbuka rute Pangkalpinang-Yogyakarta. Alhamdulillah akhirnya jadi," ucap Erzaldi.
 Gubernur berharap, dengan dibukanya rute baru ini, maka akan mempermudah jalinan silahturahmi masyarakat Bangka Belitung dengan masyarakat Yogyakarta.
Sebelumnya harus melalui Jakarta terlebih dahulu, mulai tanggal 28 Desember 2017 ini sudah bisa memperpedek jarak antara Bangka dan Yogyakarta.
"Saya yakin rute baru ini bisa juga akan memberi peluang kunjungan wisatawan dari Yogyakarta dan sekitar. Dengan begitu, secara tidak langsung akan berdampak kepada sektor wisata kita," papar Erzaldi.
Maskapai penerbangan Nam Air menjadi maskapai pertama yang  membuka rute baru Yogjakarta-Pangkalpinang PP ini. Rute ini akan dioperasikan empat kali dalam seminggu yakni setiap hari Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.
Sebelumnya diberitakan beberapa media, Senior Manager Corporate Communications PT Sriwijaya Air Group Agus Soedjono menuturkan bahwa dioperasikannya rute baru ini sebagai langkah dari Nam Air untuk menjawab permintaan pelanggan yang menginginkan adanya penerbangan langsung dari Yogjakarta ke Pangkalpinang maupun sebaliknya. Selama ini, kata Agus,  arus perjalanan pelanggan maupun distribusi barang dari dan ke dua kota tersebut cukup tinggi. Salah satunya yaitu arus pelanggan yang melakukan studi ke Yogjakarta dari Pangkalpinang.
"Dengan adanya rute baru ini, diharapkan dapat memudahkan serta mempersingkat waktu perjalanan seluruh pelanggan, karena nantinya untuk melakukan perjalanan dari Yogjakarta ke Pangkalpinang dan sebaliknya dapat ditempuh tanpa harus singgah di kota lain terlebih dahulu,” kata Agus. (TMG/Humasprov).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
TMG/Humasprov
Fotografer: 
TMG
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas