Pertanian, Pariwisata dan Perikanan Babel Perlu Lingkungan Hidup Yang Baik

Sungailiat, Bangka - Untuk menciptakan pertanian tangguh di Kabupaten Bangka ke depan, salah satu syarat faktor lingkungannya mesti bagus demikian juga kalau kita ingin mendorong majunya pariwisata Bangka Belitung.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr Yan Megawandi ketika mewakili Plt. Gubernur menghadiri acara Hijau Award 2016 di Gedung Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sungailiat, Bangka, Kamis malam (29/12/2016).

“Diberbagai tempat di dunia menjual pariwisata itu harus maju, diimbangi dengan lingkungan yang bagus atau asri, supaya wisatawan yang datang itu merasa nyaman, “ucapnya.

Selain pertanian dan pariwisata faktor lingkungan yang baik menurut Yan Megawandi juga diperlukan dalam  upaya kita mengembangkan sektor perikanan dan kelautan di Bangka Belitung.

“Saya berharap kita lebih fokus terhadap perbaikan lingkungan, “ajaknya.

Sementara itu, Ketua Panitia Hijau Award 2016 yang juga selaku Ketua Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan  (GEMPA) Babel , Davit Sultan SPd dalam sabutannya mengatakan, walaupun baru memasuki tahun ketiga, sudah banyak yang telah dilakukan oleh Yayasan Hijauku dan GEMPA Bangka diantaranya kegiatan penghijauan daerah lahan kritis bekas penambangan timah.

Davit menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi kepada generasi muda, masyarakat akan pentingnya lingkungan bagi kehidupan.

“Saya mengajak seluruh komponen baik lembaga, instansi pemerintah maupun swasta ikut peduli dan ambil bagian terhadap kelestarian lingkungan sekitar, “ajaknya

Penganugerahan Hijau Award 2016 diberikan kepada para aktivis, lembaga, perusahaan yang memiliki kepada lingkungan dan pelestarian hasil hutan di Bangka Belitung dan dalam hal ini, Sekda Yan Megawandi menerima penghargaan tersebut untuk kategori pejabat peduli lingkungan.

Selain itu penghargaan juga diberikan kepada LPP RRI Sungailiat untuk kategori lembaga/perusahaan peduli lingkungan, Ibu Maria salah seorang pengerajin kopiah resam diberikan penghargaan untuk kategori pelestarian hasil hutan,  Riyadi seorang wartawan Bangka Pos juga diberikan untuk kategori jurnalis peduli lingkungan dan terakhir penghargaan diberikan kepada Syamsumin (Alm) yang akrab disapa Atok Gaul dalam siaran RRI untuk kategori aktivis lingkungan.

Selain penganugerahan penghargaan, pada acara tersebut juga diserahkan bantuan sembilan bahan pokok (sembako) kepada 10 orang  pasukan kuning (petugas kebersihan) Kabupaten Bangka.

Pada acara tersebut tampak hadir Kepala Dinas Kehutanan Kab. Bangka, Suhodo yang mewakili Bupati Bangka, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Bangka, Kemas Arfani Rahman, Perwakilan PLN Cab. Bangka, Heri Fernandes, Perwakilan Dandim 0413 Bangka, Kapten Daud, Mewakili Kepala LPP RRI, Lalang Gumilang, sejumlah awak media dan penerima penghargaan.(Tamawiwi)

Sumber: 
HumasPro BABEL
Penulis: 
Tamawiwi
Fotografer: 
Tamawiwi
Editor: 
Erik
Bidang Informasi: 
Humas