Pesan Wagub kepada Pejabat Administrator, Buatlah Program Inovasi Berbasis Aplikasi

PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah berpesan kepada para Pejabat Administrator (Eselon III) yang menjadi peserta Diklat Pim III buatlah Program Inovasi berbasis Aplikasi usai Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) nanti.

Demikian disampaiakan Wagub Abdul Fatah saat membuka Diklat Pim Tingkat III Angkatan XX Tahun 2018, di Ruang Natar Praja, BKPSDMD Babel, Rabu (11/7/2018).

Wagub menjelaskan, pada tahun 2030 Indonesia akan mengalami Bonus Demografi yaitu suatu kondisi Usia Produktif lebih banyak dibanding usia non produktif. Hal itu perlu disikapi dengan selain pengendalian penduduk juga Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui peningkatan Kemampuan dan Kompetensi masing - masing di segala bidang. Jika hal ini tidak dilakukan, maka masyarakat Indonesia tidak akan mampu bersaing dengan lainnya.

Dalam rangka mendorong dan mendongkrak Sumber Daya Manusia tersebut, juga dibutuhkan kemampuan akan Teknologi Informasi.

Oleh sebab itu, pada Diklat Pim III ini, para peserta diharapkan mampu menguasai teknologi Informasi, dengan ditantang setiap peserta untuk membuat Program Inovasi yang berbasis Aplikasi. Hasil masing - masing peserta itu diharapkan juga untuk dilaporkan kepada dirinya usai Diklat nanti.

Diklat PIM III ini juga, menurut Wagub, bertujuan menempa para peserta menjadi seorang pemimpin yang bisa mengambil keputusan dengan tepat, dan mampu menterjemahkan Kebijakan Pemerintah ke dalam Program dan Perencanaan yang dibuatnya, dengan melihat pengalaman masa lalu dan mengakomodir Isu-isu Aktual yang berkembang saat ini, yang menjadi Prioritas Pembangunan.

Para Pemimpin ini juga harus memiliki Link atau hubungan dan jejaring yang luas. "Saya yakin jika tidak memiliki Link atau jejaring yang luas, akan terjadi hambatan hambatan pada fungsinya," ujarnya.

Selain itu juga dibutuhkan Behavior dan Kemampuan Komunikasi yang baik, sehingga menjadi seorang pemimpin yang piawai dalam melaksanakan tugasnya khususnya dalam melayani masyarakat.

Sebelumnya, Kasubdit Kompetensi Dasar dan Manajerial BKPSDMD Babel, Muhaidi menyampaikan, Penyelenggaraan Diklat Pim III ini diikuti 40 orang peserta dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel 6 orang, Pemkot Pangkalpinang 3 orang, Pemkab Bangka Barat 11 orang, Pemkab Bangka Barat 11 orang, Pemkab Bangka Tengah 5 orang, dan Pemkab Bangka 4 orang.

Waktu pelaksanaan dimulai dari 11 Juli hingga 26 Oktober 2018, dengan jumlah jam Pembelajaran sebanyak 857 JP, yaitu 254 JP atau 30 hari Pembelajaran Klasikal dan 603 JP atau 67 hari Pembelajaran di dinasnya masing - masing.

Dilaporkannya juga, Tenaga Pengajar dalam Diklat Pim III ini berasal dari Narasumber LAN RI, Widyaiswara BKPSDMD Babel dan dari Lingkungan Pemprov Babel.

Ikut hadir dalam kesempatan itu, Kepala BKPSDM Babel Sahirman yang diwakili Kabid Penilaian Kerja Informasi dan Kesejahteraan ASN BKPSDM Babel, Fitri Dwiyanti, Widyaiswara BKPSDMD Babel, Ngadimun, Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Babel, HKA Cholil dan para pejabat di Lingkungan Pemprov Babel.

Sementara itu, Pebukaan Diklat Pim III Angkatan XX Tahun 2018 ini, ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada Perwakilan Peserta Diklat oleh Wakil Gubernur Abdul Fatah.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas