Peserta Diklat Pim IV Diingatkan Bekali Diri dengan Teknologi Informasi

PANGKALPINANG – Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Babel Yan Megawandi membuka secara resmi Diklat Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV Angkatan I tahun 2018, Angkatan XXVI Provinsi Babel, yang ditandai dengan Pemukulan Gong.

Pembukaan Diklat Pim IV yang dilangsungkan di Ruang Graha Natar Praja, Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Daerah (BKPSDM) Babel, Selasa (20/3/2018) tersebut, didampingi Kepala BKPSDM Babel, Sahirman.

Diklat yang berlangsung dari tanggal 20 Maret hingga 7 Juli 2018 tersebut diikuti oleh 40 peserta dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Kota Se-Bangka Belitung.

Dalam laporannya, Kepala Bidang Pengembangan SDM BKPSDMD Babel, Mohamad Iqbalsyah menyampaikan, peserta Diklatpim IV Angkatan XVI ini berjumlah 40 peserta yang terdiri dari 11 Peserta Pegawai Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 9 orang Pemkab Bangka, 9 orang Pemkab Bangka Selatan, 9 orag Bangka Tengah serta   2 orang dari Pemkot Pangkalpinang, melalui tahapan pembelajaran Klasikal maupun non klasikal.

Ditambahkannya, seluruh pembelajaran berjumlah 893 Jam Pembelajaran (JP), terdiri dari  290JP klasikal dan 603JP atau tepatnya 67 hari kerja non klasikal. Pembelajaran meliputi Tahap diagnosa kebutuhan perubahan organisasi, tahap packing ownership, tahap merancang perubahan dan membangun tim, Laboratorium Kepemimpinan, dan Tahap Evaluasi.

Materi disampaikan oleh Pengajar dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Widyaiswara BKPSDM Babel, Pemprov Babel, dan Instruktur dari Polresta Pangkalpinang.

Sementara itu, Gubernur dalam sambutannya yang disampaikan Sekda Babel Yan megawandi mengatakan, para peserta ini merupakan peserta terpilih bahkan sangat terpilih, karena tahun ini, hanya akan ada satu angkatan Diklat Pim IV, juga nanti 40 orang Diklat Pim III.

Jadi, nanti hanya ada 80 orang yang nanti dihasilkan dari Diklat BKPSDM tahun 2018 ini. Oleh sebab itu, dirinya meminta kepada para peserta untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan dan peluang dalam waktu dua bulan lebih ini.

Sekda menambahkan, dalam waktu dua bulan lebih tersebut, para peserta bukan saja belajar di ruang kelas, tetapi juga di instansi masing-masing untuk membuat Proyek Perubahan dengan pendampingan dari LAN.

Diharapkan, Proyek Perubahan yang dihasilkan  dapat mencari solusi dari permasalahan yang selama ini ada, dan akan lebih meningkatkan pelayanan khususnya dalam Pelayanan kepada masyarakat.

Sekda juga mengingatkan Perta Diklat Pim IV, di Era Globalisasi ini penting bagi para peserta untuk membekali diri dengan Teknologi Informasi (IT). Untuk itu, diharapkan seluruh Pejabat di Pemprov Babel dapat menguasai Teknologi.

“Seperti halnya antara Ojek Pangkalan dengan Ojek online, dimana Ojek Pangkalan hanya menunggu Penumpang yang datang, sementara Ojek Online menjemput bola penumpang dengan teknologi yang ada. Demikian juga halnya dengan kita, apakah kita mau seperti ojek Pangkalan yang berdiam diri saja, atau mau bergerak, aktif, dan menguasai teknologi sehingga kita selangkah lebih maju,” ungkapnya.

Diharapkan juga Widyaiswara yang mendampingi dapat memberikan Ilmunya dengan Paripurna.

“Saya ingin suatu hari saya berjabatan tangan dengan anda sekalian, anda sudah berada di posisi eselon II atau eselon I, saya menggaransi Para peserta dengan dinamika rentan usia ini akan menjadi yang terbaik,” tandasnya.

Sekda Babel Yan Megawandi juga berkesempatan mengalungkan Tanda Peserta Diklat, kepada dua orang perwakilan Peserta sebagai Tanda Diklat telah dimulai.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pembacaan Janji Peserta Diklat Pim IV secara bersama oleh para Peserta. Peserta dalam angkatan ini juga mempunyai Yel-yel yang juga diucapkan secara serempak dihadapan Sekda Babel, Kepala OPD dan para tamu Undangan, “We Are The Leader !!!”.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas