PMI Babel Kumpulkan 40 Kantong Darah dari Pegawai Pemprov

PANGKALPINANG – Gerakan menambah persediaan darah bagi warga yang membutuhkan terus digalakkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Seperti yang digelar pada Kamis (19/9/2019), di Kantor Gubernur Babel, Air Itam, Pangkalpinang, masih dalam rangkaian Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PMI ke-74.

Kegiatan sosial yang dilaksanakan usai pelaksanaan Apel Peringatan HUT PMI ke-74, atau tepatnya di Ruang Transit lantai dasar Kantor  Gubernur Babel itu, PMI Babel berhasil mengumpulkan sebanyak 40 Kantong Darah sumbangan dari pendonor yang berasal dari Pegawai di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel.

Puluhan kantong darah itu, diambil melalui petugas UTD PMI Kabupaten Bangka sebanyak  20 kantong darah terdiri dari golongan darah A sebanyak 5 kantong, darah B sebanyak 6 kantong, darah O sebanyak 8 kantong, dan darah AB sebanyak 1 kantong.

Sedangkan 20 kantong darah lainnya diambil melalui Petugas UTD PMI Kota Pangkalpinang, terdiri dari golongan darah A sebanyak 4 kantong, golongan darah B sebanyak 7 kantong, golongan O sebanyak 6 kantong darah, dan golongan AB sebanyak 3 kantong darah.

Sekretaris PMI Babel Mardani menyebutkan, aksi donor darah ini, sengaja dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT PMI ke-74 yang jatuh pada tanggal 17 September kemarin.

“Mudah-mudahan darah sumbangan dari para pahlawan darah ini, dapat membantu warga di Babel, khususnya di Pulau Bangka yang benar-benar membutuhkan,” ungkap Mardani.

Sekretaris PMI Babel yang juga menjabat Kepala Markas PMI Babel itu mengatakan, aksi donor yang dilakukan PMI Babel akan terus digalakkan. Setelah aksi donor tanggal 2 September, tanggal 19 September, akan ada lagi aksi donor berikutnya.

“PMI Babel telah menyiapkan Memorandum of Understanding (MoU) berkenaan dengan kepalangmerahan ini, satu diantaranya donor darah bagi Pegawai Pemprov Babel, yang akan ditandatangani oleh Gubernur bersama Ketua PMI Babel dalam beberapa waktu kedepan. Waktu pasnya kami akan menyesuaikan dengan jadwal Pak Gubernur,” jelas Mardani.

Gubernur Erzaldi mengapresiasi giat donor darah yang diselenggarakan PMI Babel ini. Ia berharap, dengan aksi donor oleh PMI ini, mampu bersinergi dan memberikan yang terbaik demi kemanusiaan, khususnya di Babel.

 

85 Kantong Darah Terkumpul di Polda Babel

Sementara itu, di tempat terpisah, 85 Kantong Darah berhasil terkumpul di Taman Bhaypark Polda Babel, melalui aksi donor darah dalam rangka HUT Polantas ke-64 tahun 2019.

Sekretaris PMI Pangkalpinang, Wahyoni mengatakan, 85 kantong darah itu didapatkan dari para anggota Polisi, PNS dan masyarakat umum, dengan rincian golongan darah A sebanyak 21 kantong, B sebanyak 22 kantong, golongan O sejumlah 35 kantong, dan golongan darah AB sebanyak 7 kantong.

“PMI Pangkalpinang di dalam giat donor darah di Polda Babel ini, menerjunkan sebanyak 9 orang personil, dimulai dari pukul 08.00 hingga 12.00 Wib. Jadi, jika di total, darah yang terkumpul di kantor gubernur dengan di Polda, khususnya melalui UTD PMI Pangkalpinang, jumlahnya mencapai 105 kantong darah,” papar Wahyono.

 

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa/Ahmad
Fotografer: 
Ahmad
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas