PPID Pembantu Diminta Lebih Teliti Lakukan Penyusunan DIDP

PANGKALPINANG - Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pembantu di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diminta lebih teliti lagi saat melakukan penyusunan Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik (DIDP).

Mengingat hal tersebut, sangatlah penting dalam proses pelayanan informasi publik di masing-masing Perangkat Daerah.

Demikian harapan Darlan, Asisten Bidang Administrasi dan Umum Sekretariat Daerah (Setda) Babel, saat membuka Rapat Kerja PPID Utama dengan PPID Pembantu Provinsi Babel, di Ruang Pasir Padi Lantai III Kantor Gubernur Babel, Selasa (22/01/2019).

Menurut Darlan, Ketersediaan Daftar Informasi dan Dokumentasi Publik merupakan bentuk pelayanan informasi publik dan harus diinput di website perangkat daerah sesuai ketentuan yang ada.

"Misalnya, Informasi publik yang wajib diumumkan secara berkala, serta merta, setiap saat dan informasi yang dikecualikan harus diupdate per tiga bulan sekali,” ujar dia.

Lebih jauh Darlan menegaskan, dengan era Keterbukaaan Informasi Publik, setiap Badan Publik wajib memberikan dan mengatur tentang penyediaan dan pelayanan informasi publik.

"Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 mengenai Keterbukaan Informasi Publik menjadi acuan dalam Keterbukaan Informasi Publik di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," jelasnya.

PPID Pembantu di Babel, kata Darlan, perlu meningkatan pelayanan informasi publik. Hal ini, untuk mempersiapkan jika ada pemohon yang ingin memperoleh informasi pembangunan yang ada di Babel. "Jika ada pemohon yang ingin mendapatkan informasi publik, kita sudah siap,"  imbuhnya.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Fajrina
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas