Pranata Humas Bisa Jadi Kekuatan Informasi Pemprov Babel

PANGKALPINANG -- Sebanyak 35 Pranata Humas yang sekarang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), bisa menjadi kekuatan dahsyat dalam mensiarkan informasi program, kebijakan dan kegiatan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Pemprov Babel.
Melalui informasi yang disampaikan 35 Pranata Humas setiap hari, diyakini mampu menjadi gudangnya informasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui berbagai kebijakan, keberhasilan maupun kegiatan dari masing-masing OPD Pemprov Babel.
Untuk memperkuat basis informasi Pemprov Babel inilah, Tim Komunikasi Gubernur (TKG) bekerjasama dengan Diskominfo Provinsi Babel menggelar pertemuan dan rapat terbatas dengan Pranata Humas (Pramas) se Provinsi Babel, di Kantor Gubernur Babel, Selasa (9/1/2018).
"Kami dari Tim Komunikasi Gubernur (TKG) serius ingin bersinergi dengan Pramas Pemprov Babel. Bukan tidak mungkin jika seluruh Pramas ini sudah bergerak dalam jalurnya, maka bisa menjadi kekuatan dahsyat dalam bidang transpromasi informasi kepada masyarakat Babel," ujar Ketua TKG, Bambang Arie Satria.
Untuk mensinergikan informasi ini, Tim Komunikasi Gubernur mulai Selasa (9/1/2018)  merangkul 35 Pranata Humas di Setiap OPD di Provinsi Kepulauan Babel. Keseriusan TKG ini dibuktikan dengan melibatkan secara langsung Sekretaris Daerah dan dua Pimpinan OPD yaitu Diskominfo dan Biro Humas Setda Pemprov Babel dalam pembinaan Pranata Humas.
Bambang  mengatakan, tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mensinergikan komunikasi dan koordinasi melalui publikasi pemberitaan positif di setiap kegiatan yang ada di OPD masing- masing yang ada di Provinsi Babel.
Setelah dilakukan diskusi antara Diskominfo dan pihak terkait, maka mulai hari ini ada perbaikan kinerja Pranata Humas. "Jika 35 Pramas minimal bisa mengirimkan 35 berita setiap hari di babelprov.go.id," ujarnya.
Menurut Bambang, selama ini Pramas yang ada di setiap OPD belum maksimal menjalankan tupoksinya sebagai Pramas di OPDnya masing -masing. Sampai sekarang, kata Bambang, masih banyak kegiatan di OPD yang tidak terpublikasi di masyarakat.
"Tim Komunikasi Gubernur dalam waktu dekat akan merubah sistem mekanisme pemberitaan di babelprov, sehingga diharapkan akan lebih efektif dan efisien. Mudah-mudahan  dalam waktu cepat dapur redaksi untuk bapak/ibu pramas kirim berita ke babelprov.go.id sudah ada," ujar Bambang.
Ketua TKG ini, mengajak kepada seluruh Pramas di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk terus bersemangat dalam berpacu mempublikasikan pemberitaan di setiap OPD. Tujuannya untuk memaksimalkan pemberitaan melalui website babelprov.go.id.
"Ayo kita geber terus bapak/ibu, berita yang dari website masing- perangkat daerah agar di connect ke website babelprov.go.id. Teknisnya bisa berkoordinasi dengan bapak/ibu di kominfo. Mudah-mudahan setelah pertemuan ini segara ada update berita di setiap perangkat daerah kita,"  ajak Bambang. (TKG/Humasprov)

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
TKG
Fotografer: 
TKG
Editor: 
TKG/Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas