Presiden Jokowi Direncanakan Hadiri Puncak Harkonas 2018 di Babel

PANGKALPINANG - Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2018 akan diselenggarakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Presiden R-I, Joko Widodo (Jokowi) direncanakan hadir pada Puncak Peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) Tahun 2018, di Bumi Laskar Pelangi tersebut.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) bahkan sudah melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), terkait rencana menghadirkan Presiden Jokowi ke Babel, pada 24 April 2018 mendatang.

Tim dari Kemendag, belum lama ini, telah melakukan survei untuk menentukan lokasi dan rencana pelaksanaan beberapa kegiatan, sebagai rangkaian peringatan Harkonas.

Sejumlah persiapan mengemuka pada rapat koordinasi awal, membahas rencana peringatan Harkonas Tahun 2018 di Babel. Rapat yang digelar di Ruang Tanjung Pesona Lantai I Kantor Gubernur Babel, Selasa (27/2/2018), dipimpin Wakil Gubernur Abdul Fatah, didampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Babel, Budiman Ginting, Kepala Disperindag Babel, Sunardi, dan diikuti BPN, PT. Angkasa Pura II Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Petani Lada dari Bangka Tengah, H. Sukri serta OPD di Lingkungan Pemprov Babel.

Dalam rapat tersebut, diketahui kehadiran Presiden Jokowi, akan dimanfaatkan Pemprov Babel untuk meresmikan sejumlah infrastruktur dan melaksanakan program strategis, diantaranya peresmian Jembatan Emas dan Terminal Bandara Depati Amir, penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), penyerahan sertifikat tanah dengan jenis Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), hingga pameran produk kerajinan dan kuliner, serta kunjungan lapangan ke kebun lada milik masyarakat.

Selain itu, akan dilaksanakan juga seminar nasional, talk show, pasar murah, hingga jalan santai. Sementara acara puncak akan digelar di Alun-alun Taman Merdeka (ATM) Pangkalpinang, pada 24 April 2018.

Ditambahkan Wakil Gubernur Abdul Fatah, acara puncak ini direncanakan akan dihadiri Presiden Joko Widodo, dan diperkirakan ribuan massa dari berbagai provinsi turut memeriahkan peringatan Harkonas. Mereka berasal dari unsur pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat umum.

“Diharapkan Kehadiran Bapak Presiden yang pastinya akan diikuti juga oleh beberapa Menteri bisa mengakomodir Aspirasi Masyarakat Babel,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Wagub meminta Khusunya Dinas Kominfo dan Biro Humas Protokol Setda Babel, untuk Promosi kegiatan ini, Media Luar Ruang dapat dipasang dipusat-pusat pemerintahan, perusahaan dan tempat strategis mulai tanggal 10 -20 April 2018 ini, materi dan tema akan diseragamkan menunggu dari Kemernterian Perdagangan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sunardi, menyebutkan pada Puncak Peringatan Harkonas kali ini, Pemprov Babel berencana mengangkat komoditas Lada Putih Bangka. Sebab, lada putih dikenal sebagai ikon komoditas ekspor Babel yang sangat potensial dan dibudidayakan sebagaian besar masyarakat petani di daerah ini.

Dikatakannya, sejumlah rencana baik lokasi maupun rangkaian kegiatan peringatan Harkonas 2018, merupakan hasil koordinasi Disperindag Babel dengan tim Kemendag. Pihaknya bahkan sudah melakukan pertemuan dengan Kementerian Perdagangan dan Sekretariat Negara, untuk berkoordinasi agar puncak peringatan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Pencanangan Hari Konsumen Nasional awalnya diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional pada tanggal 20 April 2012. Selanjutnya, peringatan Hari Konsumen Nasional dilaksanakan oleh Pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen, Kementerian Perdagangan.(Lulus).

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas