Prospek Berkah Mart Menarik Minat Masyarakat

HUMASPRO, PANGKALPINANG - Prospek Berkah Mart ini sangat menarik minat masyarakat. Dengan sistem yang berjalan dengan mudah, diyakini akan berkembang, dan dalam 3 bulan sudah ada 80 outlet. 

Hal itu diungkapkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat meresmikan Pusat Distribusi (Distribution Center) Berkah Mart Bangka Belitung yang berlokasi  di Jalan Air Mangkok No. 44 Pangkalpinang, Jumat (21/2/2020). 

Pemerintah, dikatakan Gubernur, akan bekerja sama dengan BRI Syariah dalam pemberian KUR yang  akan digunakan oleh Berkah Mart.

"Dan disambut lagi dari BRI Syariah dalam memberikan KUR,  nantinya kepercayaan bank kepada suatu sistem dan suatu organisasi itu sangat mendukung dan membuat lancarnya sistem yang kita buat ini," tegas Erzaldi.

Disamping sistem jual beli yang dilakukan oleh masyarakat sendiri, keuntungan nantinya, menurut Gubernur, akan dinikmati oleh masyarakat sekitar juga, sehingga uang yang beredar tetap dikawasan tersebut, tidak seperti retail -retail lainnya. 

Untuk pengembangan produk - produk yang dijualbelikan di Berkah Mart, Erzaldi menyebutkan, Pemprov  akan berkoordinasi ke Pemerintah Desa dalam mengumpulkan informasi  produk - produk lokal yang memiliki pangsa pasar bagus untuk dijual melalui Berkah Mart, dan harus masuk dan melalui Pusat Distribusi Berkah Mart Babel. 

"Saya yakin selama itu memang betul-betul dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat,  akan terus berjalan," ujarnya. 

Dalam waktu dekat, dikatakan Erzaldi, Berkah Mart akan semakin meningkat, dengan bergabungnya beberapa Berkah Mart yang di kelola secara pribadi dengan tipe A, yang akan memacu peningkatan Berkah Mart yang ada di desa lainnya. 

"Berkah Mart selama ini, masih tipe C, dan tahun ini, akan ada lima Berkah Mart dengan tipe A  yang dikelola secara pribadi bergabung," jelas Erzaldi. 

Pusat Distribusi ini, Erzaldi menambahkan, menjadi pusat dalam  mendistribusikan barang - barang yang dijual di Berkah Mart di Pulau Bangka. 

Di tempat terpisah, Dirut BUMD Babel, Saparudin menjelaskan, Peresmian Pusat Distribusi Berkah Mart Babel ini, sebagai lokasi dalam pendistribusian produk - produk yang akan dijual di Berkah Mart.

Sesuai arahan Gubernur, kata dia, agar tercapai target 200 outlet Berkah Mart berdiri di Babel. "Target Tahun 2020, akan disetup 200 Berkah Mart di Bangka Belitung," ungkap Saparudin.

Selain di lokasi pemerintah desa yang ada, Berkah Mart juga, sebut dia, akan dibuka di Rumah Sakit Provinsi, Panti Asuhan, Pesantren dan SMK yang ada di Babel dengan konsep syariah.

Harapan disampaikan Saparudin, dengan adanya Pusat Distribusi (Distribution Center) Berkah Mart Babel,  dapat mendistribusikan  produk - produk yang dimiliki, dan dikelola dengan baik pula. 

Acara Peresmian Pusat Distribusi Berkah Mart, turut dihadiri Kepala Dinas  Perindustrian dan Perdagangan Babel Sunardi, para Pengurus Berkah Mart se-Bangka,  Kepala Desa se-Bangka, dan instansi terkait lainnya. 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Sentosa
Fotografer: 
Sentosa
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas