Ratusan Pejabat Pemprov Babel Ikuti Penguatan Soft Skill ASN

PANGKALPINANG - Seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II) dan Pejabat Administrator (Eselon III)  di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), mengikuti Kegiatan Penguatan Soft Skill Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Babel, di Hotel Cordola Pangkalpinang, dalam rangka meningkatkan kompetensi dan SDM ASN untuk memberikan Pelayanan terbaik kepada masyarakat ini, dibuka oleh Wakil Gubernur (Wagub) Babel, Abdul Fatah.

Wagub Abdul Fatah dalam sambutannya, menyampaikan, menyongsong Era Revolusi Industri Generasi 4.0. saat ini, banyak sekali tantangan yang dihadapi. Oleh sebab itu, Wagub meminta Kesiapan dari ASN sebagai penggerak utama tata kelola birokrasi Pemerintah.

Dijelaskannya, perkembangan dunia industri, mulai dari proses revolusi industri tahap pertama pada abad ke-18, hingga di awal abad 21 yang memasuki revolusi industri tahap keempat, dimana digitalisasi sistem, akan mengubah cara pandang, cara kerja hingga cara hidup manusia.

Peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), menurutnya, adalah kunci untuk memenangkan kompetisi di tengah Era persaingan Global untuk mencapai kualitas dan kompeten yang tinggi.

“Diperlukan Soft Skill, kemampuan dalam memecahkan masalah. Sesuai dengan Program Pemerintah yang pada tahun lalu, berfokus kepada pembangunan Infrastruktur. Namun saat ini, dan ke depan Pemerintah fokus pada pengembangan SDM,” ujar Wagub.

Untuk itu, Wagub berharap, dalam menjalankan tugas masing - masing ASN untuk tidak mengandalkan ego sektoral, tetapi harus bersama - sama bersinergi untuk mewujudkan tujuan bersama.

Kegiatan Penguatan Soft Skill ASN di Lingkungan Pemprov Babel ini, menghadirkan Nara Sumber Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) RI Prof. Dr. Sofian Effendi yang menyampaikan materi Transformasi ASN Menuju Ekonomi Indonesia ke 5 Dunia, dan Komisoner KASN Bidang Mediasi dan Perlindungan, Tasdik Kinanto yang menyampaikan materi Pengembangan Soft Skill untuk pengembangan kompetensi dan pola karir.

Sebelumnya, Kepala BKPSDMD Babel Sahirman dalam laporannya menyampaikan, kegiatan ini dilakasanakan dalam rangka untuk mengembangkan SDM dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman.

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Lulus
Fotografer: 
Lulus
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas