Resmikan PLTGBg Sungai Terlung, Gubernur Ingin Babel Jadi Contoh Dunia

CENGKONG ABANG, KABUPATEN BANGKA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, Senin (14/5/2018) siang meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) 2 Mega Watt milik PT.Biogas Energy yang berlokasi di dekat Sungai Terlung Desa Cengkong Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka.

Acara peresmian PLTGBg tersebut, turut dihadiri Anggota DPD RI Bahar Buhasan, Pelaksana Tuga Bupati Bangka, Rustamsyah, Direktur Utama Bank Sumsel Babel M. Adil, Dirjen Energi Kementerian ESDM Iryan Permana Dharma, Direktur PT.BBS Fidha Hasan, Direktur PT. CAT-Trakindo Iputu, Ketua DPRD Kabupaten Bangka Ucok Parlian, Perwakilan OPD terkait Kabupaten Bangka dan jajaran PT.Bangka Biogas Synergy.

Komisaris PT.BBS Bapak Djohan Riduan Hasan menyampaikan tujuan pembangunan PLTBg ini, sebagai upaya untuk memaksimalkan Biogas yang sudah dimiliki Babel.

Menurut Riduan, ini adalah terobosan yang patut terus ditingkatkan baik jumlah kuantitas atau kualitas serta peranannya di Babel.

"Selain membantu dan memaksimalkan peran dari PLN, keberadaan PLTBg ini, merupakan upaya kita bagaimana untuk mencegah dampak negatif dari limbah kelapa sawit. Apalagi pihak PLN sudah berkomitmen untuk membeli listrik kita dalam kurun waktu selama 20 tahun,” ungkap Riduan.

Riduan menyebutkan, keberadaan PLTBg ini juga tak luput dari dukungan besar dari PT Trakindo dan upaya Bupati Bangka yang dari awal memimpin ingin diminimalisir masalah limbah.

“Bagi kami, hari ini, adalah salah satu tonggak sejarah dan upaya reformasi teknologi sumber daya energi di Babel, yaitu menggunakan Biogas menjadi hal yang berguna untuk kita semua," ujar Riduan.

General Manager PT. PLN Persero Babel Muchlis dalam kesempatan itu menjelaskan kondisi pasokan energi listrik di Babel, dimana saat ini menurut Muchlis, situasi semakin menguntungkan bagi Babel.

“Saat ini, listrik Babel Surplus. Saat ini, 180 MW dan adanya tambahan 2 MW, dan beban rata-rata per hari sebesar 140 MW. Itu artinya, kita masih lebih dan Surplus 42 MW, dan kita berencana menambah 100 MW dari bahan baku batubara saat ini yang sudah kami targetkan berjalan 22 persen," kata Muchlis.

Gubernur Erzaldi memuji, sekaligus mengungkapkan syukur dengan dibangun dan diresmikannya PT. Bio Gas Energy. Kata Gubernur, inilah yang memang diharapkan dan ditunggu-tunggu, karena dengan adanya solusi pembangkit listrik hemat dan bersih ini, diyakini masalah inflasi yang terjadi di Babel selama ini, dari biaya Sumber Daya Energi ini, diharap bisa menurun dan dikendalikan. 

"Saya bahagia setahun saya memimpin, telah dibangun dan diresmikan pembangkit listrik Biogas. Inilah yang saya inginkan, dimana rakyat aman dan nyaman, lingkungan bersih, tidak berbau. Secara Pribadi saya sangat mendukung terobosan hebat ini. Kita memang harus mengurangi energi diesel, karena energi diesel itu mahal dan boros, terlebih lagi kita di Babel. Energi listrik adalah vital, tapi mahal. Maka saya berterima kasih dengan PLN, dimana energi listrik saat ini, sudah masuk keseluruh wilayah Babel," pungkasnya. 

Selain memberikan sanjungan terhadap pengelola Pabrik, karena inspirstif, Gubernur Erzaldi menginginkan Babel di masa depan bisa menjadi contoh bagi Dunia tentang Sumber Daya Energi yang murah, bersih dan berkualitas.

"Saya juga seorang pengusaha, dan yang menjadi sifat pengusaha berusaha mencari keuntungan. Tapi, saat ini, saya sedang berhadapan dengan para pengusaha yang memiliki hati. Kenapa begitu? Karena mengutamakan masyarakat. Itu adalah Lumbung pahala. Selain dapat untung pengusaha juga harus dapat Ridho dari Allah,"  tutur Gubernur.

Gubernur Erzaldi kembali menegaskan optimismenya Babel bisa menjadi pelopor baik industri ataupun sumber energi di masa depannya.

"Saya ingin Babel tetap dan terus memiliki inovasi dalam teknologi yang belum tentu dimiliki oleh provinsi lain. Saya bertambah optimis Babel akan menjadi provinsi yang menggunakan teknologi baru dan tebarukan, akan menjadi perhatian dunia," pungkas Gubernur.

Gubernur Erzaldi berharap PLTBg ini, mampu memberikan kontribusi dan banyak manfaat untuk masyarakat Babel.

Peresmian PLTBg ini, ditandai dengan Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Erzaldi yang diikuti penekanan tombol Sirine tanda dibuka dan beroperasinya PLTBg.

Usai peresmian, Gubernur Erzaldi meninjau ruang kendali dan ruang engine bersama sejumlah Pejabat dan Undangan yang hadir.

 

Sumber: 
HumasPro
Penulis: 
Imam
Fotografer: 
Imam
Editor: 
Ahmad
Bidang Informasi: 
Humas